Sampah Tahun Baru di Jaksel Capai 200 Truk

VIVAnews - Perayaan malam tahun baru di Jakarta Selatan, sedikitnya menyisakan 800 meter kubik sampah. Jika disetarakan dengan truk ukuran 4 meter kubik banyaknya mencapai 200 truk.

Ratusan kubik sampah itu langsung dibersihkan, dan pada Sabtu, 2 Januari 2010 tidak ada lagi sampah yang berserakan.

Seluruh sampah sisa perayaan tahun baru ini, langsung di buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, dengan menggunakan 83 truk yang diangkut secara bergilir.

Jumlah sampah tersebut, masih sama dengan saat perayaan tahun baru 2009 lalu. Saat itu sedikitnya 800 meter kubik sampah sisa perayaan tahun baru, dibersihkan oleh 860 petugas kebersihan dengan mengunakan 85 truk pengangkut sampah.

Umumnya sampah-sampah itu diambil dari dari sejumlah lokasi keramaian seperti Taman Ayodia, TMR Ragunan, Blok M, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kemang, Pasar Minggu, Citos dan sebagainya.

Jenis sampah sisa keramaian perayaan tahun baru ini adalah, sisa bekas kembang api, kertas pembungkus nasi, koran, botol atau gelas minuman mineral dan sebagaianya.

"Petugas menyebar di setiap kecamatan dan bertugas secepat mungkin. Jika sudah ada yang bisa dibersihkan langsung disapu. Namun di beberapa titik harus menunggu hingga massa bubar," ungkap Wira Haryadi, Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan seperti dikutip situs resmi Pemerintah DKI, Sabtu, 2 Januari 2009.

Ke-865 petugas kebersihan dan 83 truk iniĀ  merupakan gabungan dari Pemkot Jakarta Selatan dan pihak swasta. Rinciannya adalah, 465 petugas kebersihan dan 59 truk berasal dari Sudin Kebersihan setempat.

Sedangkan, 400 petugas kebersihan dan 24 truk lainnya merupakan bantuan dari pihak swasta.

Wira juga menyebutkan, selain menerjunkan 865 petugas kebersihan, ia juga menyebar 30 petugas buser. Tugasnya adalah membersihkan beberapa lokasi yang sangat sulit dijangkau petugas kebersihan. Sejumlah buser ini juga dilengkapi dengan peralatan untuk mengangkut sampah.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024