Pasar Minggu Dijadikan Kawasan Unggulan PKL

VIVAnews - Kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, akan ditata dan dijadikan sebagai kawasan unggulan bagi pedagang kaki lima (PKL). Penataan yang akan direalisasikan pada 2010 itu untuk memberikan kesadaran dan ketaatan terhadap hukum yang berlaku.

Selama ini, keberadaan pedagang memang sering dianggap melanggar ketertiban, dan kebersihan kota. Bahkan, tidak jarang di antara mereka berdagang di lokasi yang tidak semestinya.

Akibatnya, berbagai gangguan, seperti ketertiban dan kemacetan lalu lintas pun kerap terjadi. Untuk itu, Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendy berusaha mengubah kawasan Pasar Minggu menjadi suatu kawasan unggulan bagi PKL untuk berperilaku taat terhadap hukum yang berlaku.

Bahkan, sebagai wacana, di lokasi tersebut akan dibangun gedung delapan lantai yang akan menampung PKL yang hingga kini masih berdagang di kawasan sekitarnya.

"Mengubah perilaku taat hukum kepada pedagang bukan hal mudah. Untuk itu, berbagai upaya dilakukan termasuk memberikan masukan dan sosialisasi kepada mereka untuk lebih mengerti hukum," ujar dia di Jakarta, Sabtu 2 Januari 2010.

Sementara itu, menurut Asisten Perekonomian Walikota Jakarta Selatan H Suluh Sudiharto, saat ini, sekitar 150 pedagang masih berdagang di lokasi liar, seperti Jalan Buntu, belakang terminal Pasar Minggu, dan Jalan Raya Ragunan.

"Menertibkan mereka bukan pekerjaan mudah. Januari 2010 tidak ada lagi bangunan lapak berdagang di kawasan Pasar Minggu," katanya.

Kebijakan tersebut, menurut Suluh, dilakukan agar kawasan Pasar Minggu dan Jalan Raya Ragunan bersih serta tertib.

"Mental pedagang sudah harus diubah, jangan lagi berjualan di lokasi yang terlarang bagi mereka berdagang," tuturnya.

Menurut dia, berdasarkan instruksi walikota Jaksel, sudah saatnya semua pihak, baik PKL maupun masyarakat memahami peraturan yang berlaku.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Pedagang dan masyarakat harus mengetahui arti taat hukum sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 1987 tentang ketertiban umum dan peraturan lainnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Jaksel juga berusaha mengubah watak PKL untuk bertingkah tertib. Di samping itu, pada saat yang sama nantinya juga akan dilakukan Operasi Yustisi Kependudukan (OYK) terhadap PKL agar mereka juga taat peraturan kependudukan.

arinto.wibowo@vivanews.com

Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024