Katulampa Siaga 3, Air Kiriman dari Bogor Tiba di Jakarta Jelang Subuh

Tinggi air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Pusat Data dan Informasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mengonfirmasi bahwa air kiriman dari Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat, akan sampai ke Jakarta sekitar 6-9 jam ke depan.

BMKG: Potensi Hujan Badai Disertai Petir di DKI Jakarta

Menurut BPBD Jakarta, pada Selasa hari ini, 8 Oktober 2019 pukul 18.00 WIB, terpantau ketinggian air mencapai 70 sentimeter atau Siaga 4.

Lalu, 20 menit kemudian naik menjadi 130 sentimeter, dan tepat pukul 18.30 WIB, naik menjadi 150 sentimeter atau Siaga 3. Artinya, jika dihitung 9 jam, maka air diperkirakan tiba di Jakarta menjelang Subuh, atau pukul 03.30 WIB.

Sulsel Terdampak Cuaca Ekstrem dan Waspada Bencana Hidrometeorologi, Menurut BMKG

"Waspada untuk lintasan Sungai Ciliwung 6-9 jam ke depan air akan sampai di Srengseng Sawah, Pejaten Timur, Rawa Jati, Bale Kambang, Pengadegan, Cikoko, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu," demikian keterangan resmi BPBD Jakarta, dikutip oleh VIVA.

BPBD Jakarta juga menjelaskan upaya yang sudah dilakukan antara lain penyebaran informasi kepada lurah serta warga yang tinggal di bantaran kali atas kenaikan Tinggi Muka Air Bendung Katulampa 150 sentimeter (Siaga 3) melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, WhatsApp dan situs resmi.

Ratusan Rumah di Bekasi Terendam Banjir, Mayoritas Ditinggal Mudik Lebaran

"Kemudian, penyebaran informasi melalui Peringatan Dini Disaster Warning System (DWS) dan lintasan Sungai Ciliwung sudah diaktifkan," jelas keterangan resmi BPBD Jakarta.

Ilustrasi petugas BMKG

Mayoritas Kota-kota Besar Berpotensi Hujan dampak Dua Siklon Tropis, Menurut BMKG

BMKG menyatakan keberadaan siklon tropis di kawasan utara Papua Barat dan sebelah barat Bengkulu memengaruhi kondisi cuaca mayoritas kota besar di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024