Jumlah Tersangka Narkotika WNA Meningkat

VIVAnews – Jumlah warga negara asing yang menjadi tersangka kasus narkotika mengalami kenaikan selama dua tahun terakhir. Yakni pada 2009 tercatat 101 kasus, sedangkan pada 2008 sebanyak 98 kasus.

Direktorat IV Narkoba Badan Reserse dan Kriminal Markas Besar Polri memaparkan 101 tersangka yang ditangkap pada 2009 berasal dari sejumlah negara. Yakni 75 orang Asia, 10 orang Eropa, sembilan orang Afrika, dua orang Australia, serta lima orang berkebangsaan Amerika dan Kanada. 

Nah, bila dirinci, jumlah tersangka terbanyak pada 2009 berasal dari Iran, yakni 39 orang. Sebagian besar di antara mereka tertangkap tangan karena menjadi kurir penyelundupan shabu dan ekstasi lewat bandara.

Ternyata jumlah tersangka dari Iran itu mengalahkan Cina, Afrika, dan Nigeria, yang merupakan negara yang terkenal sebagai pemain narkotika jenis kristal.

Kepala Pelaksana Badan Narkotika Nasional Komisaris Jenderal Goris Merre dalam keterangan akhir tahun mengatakan sekarang juga ini telah terjadi pergeseran modus penyelundupan.

Dia menyontohkan, bila semula peran kurir dijalankan oleh orang Afrika, kini umumnya melibatkan warga Iran.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024
Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Waketum Nasdem menegaskan tidak ada pembicaraan politik dengan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024