Mulai Hari Ini, di Dalam Bus Transjakarta Koridor 1 Tak Ada Petugas

Bus Transjakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Para penumpang bus Tranjakarta, terutama untuk karidor 1, yakni Blok M-Kota tak perlu kaget bila hari ini tak melihat petugas di dalam bus. Itu karena sedang dilakukan uji coba sistem pelayanan baru di koridor tersebut.

Bus Bandung-Denpasar Terbakar di Tol Jomo, 36 Orang Penumpang Selamatkan Diri

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono bilang bahwa pihaknya tengah melakukan uji coba wayfinding pada salah satu koridor bus Transjakarta.

"Cara baru menjelajah transportasi di Jakarta diterapkan dengan wayfinding ini," kata dia di Jakarta, Selasa, 5 November 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Puncak Arus Balik, 6.500 Pemudik Diperkirakan Tiba di Terminal Kalideres

Dia menjelaskan, dengan sistem ini maka petugas hanya ditempatkan di halte-halte bus untuk membantu penumpang turun, tidak di dalam bus. Di dalam bus hanya ada sopir. Karena itu, petugas yang biasanya mengarahkan perjalanan di dalam bus tak ada lagi di koridor ini, sehingga pengarah perjalanan hanya mengandalkan pengeras suara.

Meski demikian, untuk membantu penumpang, di dalam bus akan disediakan informasi tambahan, seperti peta rute. Dengan begitu, penumpang bisa secara mandiri melakukan navigasi perjalanan mereka.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

"Transjakarta menambah informasi yang jelas di dalam bus, seperti peta rute beserta gedung-gedung terdekat yang bersinggungan dengan halte," ucap Agung.

Menurut dia, sistem ini sudah digunakan di sejumlah negara dunia dengan transportasi publik yang maju, seperti di Helsinki, Finlandia. Kendati demikian, penerapan sistem ini di koridor 1  masih akan terus dievaluasi, sebelum dilakukan di koridor lain.

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api yang melahap bus Pahala Kencana di Tol Jombang-Mojokerto. (Foto: PJR Ditlantas Polda Jatim)

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

Bus Pahala Kencana jurusan Bandung-Denpasar terbakar di ruas jalan tol Jombang-Mojokerto (Jomo) Rabu pagi, 17 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024