Masyarakat Bisa Pantau Kinerja Pegawai Imigrasi Lewat Piawai IKM

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F. Sompie (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA – Kantor Imigrasi Kelas II Depok meluncurkan inovasi terbaru untuk memberikan pelayanan pada masyarakat berbasis digital.

Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

Aplikasi layanan pembuatan paspor ini bernama Penilaian Kinerja Pelayanan Pegawai Berbasis Indeks Kepuasan Masyarakat atau Piawai IKM.

Terobosan ini diklaim yang pertama di Indonesia. Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Bambang Rantam Sariwanto, berharap inovasi ini bisa hadir di masing-masing kota.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

“Yang menjadi catatan apa yang kita berikan ke masyarakat betul-betul memenuhi gaya hidup masyarakat. Jika kita tidak ikut, tentu akan menjadi persoalan,” katanya di Depok, Jawa Barat, Kamis, 7 November 2019.

Bambang mengatakan pelayanan imigrasi haruslah mengikuti gaya hidup masyarakat, termasuk menghadirkan pelayanan di pusat perbelanjaan yang mudah dijangkau masyarakat.

Lindungi Diri Lewat Aplikasi

“Jadi bukan hanya sekadar meningkatkan jumlah pelayanan tapi gaya hidup masyarakat berubah. Ini kita juga harus ikut,” tutur dia.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny Franky Sompie, mengapresiasi terobosan atau inovasi dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Depok yang telah menambah salah satu fasilitas pelayanan pembuatan paspor.

“Kita berikan apresiasi terhadap Kakanim (Kepala Kantor Imigrasi) Depok, khususnya dalam pelayanan pembuatan paspor pertama di Depok dibuat gerai pemuatan Paspor yang ada di lantai 1 pusat perbelanjaan," jelas Ronny.

Ia berharap, melalui aplikasi Piawai IKM ini, kedisiplinan anggota dapat terlihat jelas sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi pimpinan. Soal reward and punishment terhadap pegawai, Ronny mengaku akan diberikan penilaian.

"Aplikasi ini dapat langsung di-upload sehingga setiap saat dapat mengetahui segala aktivitas anggota selama masuk dinas," ungkapnya.

Kepala Kantor Imigrasi Depok, Agung Wibowo menambahkan, melalui aplikasi Piawai IKM, maka secara realtime menampilkan data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan dan kinerja layanan publik.

Aplikasi ini memberikan kesempatan pada masyarakat selaku pengguna layanan untuk berpartisipasi aktif dalam melakukan penilaian dan pengawasan terhadap kinerja pelayanan unit pelayanan kantor Imigrasi Depok, sebagaimana dengan tema kebijakan APBN 2020 yang berpusat pada sumber daya manusia (SDM).

“Presiden Jokowi menyampaikan perlunya meningkatkan SDM Indonesia melalui aplikasi ini kami berharap inovasi tersebut dapat meningkatkan kualitas SDM di lingkungan imigrasi,” tuturnya. Layanan ini hadir di lantai 1 Depok Town Square (Detos).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya