Sebelum Meninggal, Ciputra Dirawat 42 Hari di Singapura

Konferensi pers meninggalnya Dr. Ir. Ciputra.
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

VIVA – Chairman dan Founder Grup Ciputra, Dr. Ir. Ciputra atau Tjie Tjin Hoan meninggal dunia di Singapura pada Rabu, 27 November 2019 pukul 01.05 waktu setempat. Ternyata, sebelum meninggal, mendiang Ciputra sudah menjalani perawatan cukup lama di Singapura karena penyakit yang dideritanya.

Ciputra Group Raup Rp 1,5 Triliun dari Penjualan 1.000 Unit di Proyek CitraGarden Serpong

Managing Director Ciputra Grup, Rina Ciputra Sastrawinata mengatakan, ayahnya memang meninggal dalam kondisi terbilang tua. Usianya yakni 88 tahun. Namun, beliau sempat dirawat beberapa minggu di Singapura.

Hanya saja, pihak keluarga tidak berkenan memberi tahu penyakit apa yang diderita Ciputra sebelum menghembuskan napas terakhir di Singapura.

Penuhi Kebutuhan Penghuni, Citra Maja Raya Siapkan Kawasan Komersial Baru

“Ayah kami dirawat 42 hari. Ayah saya sudah berusia 88 tahun, meninggal dunia karena usia tuanya,” kata Rina di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 28 November 2019.

Ciputra akan dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Jonggol, Bogot, Jawa Barat pada Kamis, 5 Desember 2019 pekan depan.

Memukau, Suteepat Praateeptienchai Menangkan BNI-Ciputra Golfpreneur

“Rencana berangkat dari sini sekitar jam 09.30 WIB. Kemungkinan pemakaman sekitar jam 11.30 waktu di sana,” ujarnya.

Rina mengaku keluarga sangat kehilangan sosok ayah, kakek, buyut dan pimpinan yang menjadi suri teladan bagi keluarga serta keluarga besar dari Grup Ciputra. Menurut dia, Ciputra semasa hidupnya dikenal sebagai sosok pekerja keras, sederhana, sangat entrepreneurial dan tidak pernah mengeluh.

“Beliau kepada keluarganya selalu menekankan untuk mengutamakan kejujuran dan integritas. Kemudian diterapkan dalam menjalankan bisnis Grup Ciputra, yakni berdasarkan tiga pilar filosofi, di antaranya integritas, profesionalisme dan entrepreneurship atau disingkat IPE,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya