Bukan Macet Tapi Berhenti, Jokowi: Casablanca Tiap Hari Seperti Itu

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Twitter Joko Widodo

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi terjebak kemacetan selama 30 menit di sekitar kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis malam, 28 November 2019 saat akan menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019. Namun mantan Gubernur DKI itu menegaskan bahwa apa yang dialami malam tadi bukan macet, melainkan berhenti.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Bukan macet, berhenti," kata dia ketika dikonfirmasi di sela-sela peninjauan Pelabuhan Petimban, Subang, Jawa, Barat, Jumat, 29 November 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Adapun lokasi acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 digelar di Hotel Raffles di dekat kawasan Casablanca, Kuningan, Jakarta. Kawasan Casablanca dikenal sebagai salah satu yang sangat padat lalu lintasnya.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

"Di Casablanca itu kan tiap hari seperti itu. Sejak saya jadi gubernur (DKI) sudah seperti itu," ujarnya.

Seperti diketahui, Jokowi mengatakan bahwa dia terjebak selama 30 menit saat menuju ke acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019. Kemacetan di Jakarta itulah yang membuat Jokowi yakin Ibu Kota Negara memang harus dipindahkan.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Anies Akan Cek

Merespons hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan mengecek lokasi pasti di mana Jokowi terkena macet malam tadi. Jika sudah mengetahui lokasi pasti kemacetan tersebut, maka DKI bisa mencari tahu penyebab kemacetan tersebut.  

"Nanti saya cek dulu ya persisnya, titik (macet)-nya," kata Anies di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat, 29 November 2019.

Anies menjelaskan bahwa kemacetan di Ibu Kota bisa terjadi saat ada acara khusus. Dia menduga mungkin Kepala Negara terjebak macet karena padatnya lalu lintas imbas dari banyaknya pelayat yang datang ke tempat duka mendiang Ciputra di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan. Adapun, Pertemuan Tahunan Bank Indonesia digelar tak jauh dari Ciputra Artpreneur, yakni di Hotel Raffles.

Namun Anies menyatakan akan mengecek hal itu lebih dahulu. Apakah penyebabnya karena alasan tersebut atau bukan. Dia pun akan memberi keterangan lengkap kepada media jika sudah mengetahui penyebab kemacetan yang dialami Jokowi.

"Insiden-insiden begitu sering terjadi. Satu, dua ruas jalan yang macet," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya