2 Aplikasi Mudahkan Warga Minta Bantuan, Ada Tombol Darurat dan Panik

Gedung Promoter Polda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA – Polda Metro Jaya meluncurkan dua aplikasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam meminta bantuan petugas. Dua aplikasi itu, Help Renakta dan Satpam Mantap yang bisa diunduh di Google Playstore.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Help Renakta merupakan aplikasi yang memberikan penyuluhan hukum kepada korban kejahatan di Ibu Kota hasil kerja sama Polda Metro Jaya. Aplikasi ini merupakan kerja sama Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Aplikasi ini nanti bagaimana kita mendekatkan anak-anak, perempuan yang jadi korban, bisa (memberikan) penyuluhan hukum," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono di Mapolda Matro jaya, Kamis, 5 Desember 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Farhat Abbas Diperiksa Polisi Pekan Ini soal Laporan Penistaan Agama ke Pendeta Gilbert

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa aplikasi Help Renakta memiliki tiga fitur. Pertama, fitur yang bisa mendeteksi keberadaan pemilik telepon selular (ponsel) dengan sistem peta yang dibuat real time.

Kedua, fitur empat tombol darurat yang bisa digunakan untuk meminta bantuan, di mana tiap timbol punya fungsi berbeda. Misalnya, untuk menghubungi operator, buzz, dan call Renakta.

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Ketiga, fitur jendela informasi yang berisi kumpulan informasi bantuan hukum, anak hilang, dan panduan wajib untuk penyuluhan hukum bagi korban kejahatan. Menurut Gatot, dengan menggunakan aplikasi ini maka petugas terdekat bisa langsung datang membantu korban.

"Petugas terdekat langsung akan bisa mendekat ke lokasi 24 jam. Mereka bisa juga mendapat layanan kesehatan selama 24 jam," ujarnya.

Sementara aplikasi Satpam Mantap ini dibuat untuk memanfaatkan satpam yang biasanya bekerja di lingkungan perumahan untuk membantu masyarakat. Pasalnya, mereka menjadi pihak pertama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di sejumlah area, seperti pemukiman.

"Kalau kita lihat, jumlah polisi kurang di Jakarta. Dengan kita membudayakan satpam yang ada, nanti bisa lebih baik," ucap Gatot.

Cuma satpam yang mengantongi sertifkasi yang bisa menggunakan aplikasi ini. Kendati demikian, satpam bisa mendaftar untuk membuat sertifikasi secara online. Sementara itu, aplikasi Satpam Mantap memiliki tombol panik yang punya fungsi meminta bantuan ke Polsek setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya