Benda Kuno Ditemukan di Bekasi, Ada Koin Perempuan Berlabel 1899

Benda Kuno di Bekasi, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA – Benda kuno mirip peninggalan zaman kuno ditemukan di Kampung Lemahabang RT 03 RW 05, Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi. Warga tak sengaja menemukan bongkahan bata dan koin kuno di dasar tanah.

Benda Kuno Ditemukan, Pemprov Jambi Harus Belajar dari Daerah Lain 

"Warga yang sedang menggali sumur tak sengaja menemukan koin kuno dan susunan batu bata," kata Camat Karangbahagia, Karnadi, Selasa 10 Desember 2019.

Karnadi menceritakan, penemuan warga terjadi pada Jumat 6 Desember 2019. Ketika itu, warga sedang menggali di dasar tanah sedalam 3 meter. "Tiba-tiba menemukan bongkahan bata merah yang sudah tersusun dan koin bergambar seorang perempuan dengan tulisan 1899," katanya.

Hati-hati, Pencarian Benda Kuno di Jambi Secara Ilegal Dendanya 1 Miliar

Saat ini, kata dia, temuan benda kuno itu langsung dipindahkan ke lokasi yang lebih aman menggunakan alat berat. Sayangnya, karena peralatan seadanya, proses pemindahan terkendala. 

"Dan proses penggalian di lokasi temuan bangunan kuno itu masih dilakukan sampai sekarang bersama warga," kata dia.

Dinas Pariwisata Jambi Minta Warga Hentikan Pencarian Benda Kuno Cagar Budaya

Kini, kata Karnadi, pemerintah kecamatan Karangbahagia sudah berkordinasi dengan pemerintah daerah atas temuan benda kuno tersebut. Setidaknya, ada tindak lanjut untuk seluruh benda tersebut. "Termasuk untuk mengamankan benda-benda ini, jadi ketahuan akan ditempatkan di mananya," kata dia.
 

Penggalian untuk kepentingan arkeologi (ilustrasi)

Geger Penemuan Bukti Peninggalan Periode Awal Islam di Kota, Ini Isinya

Sebuah tim arkeolog telah menemukan jejak-jejak masjid di situs bekas kota kuno Persepolis, Iran. Masjid ini diyakini berasal dari periode awal Islam. Ini temuannya!

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024