KBT Tembus ke Laut

Percayakah Titik Banjir di Jakarta Berkurang

VIVAnews - Aliran Kanal Banjir Timur (KBT) telah tembus ke laut, tapi percayakah Anda hal ini akan mengurangi titik rawan banjir di Jakarta. Semua baru bisa dibuktikan setelah puncak banjir terjadi di Jakarta pada Januari dan Febuari ini.

Pemerintah Kota Jakarta Timur misalnya, sangat yakin kalau titik rawan banjir di wilayahnya hanya tersisa tujuh saja. Wilayah itu adalah Kelurahan Kramatjati, Cililitan, Balekambang, Cawang, Bidaracina, Kampungmelayu, dan Kebonmanggis.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Sebelumnya, daerah rawan banjir di wilayah Jakarta Timur jumlahnya mencapai 40 titik. Tujuh titik daerah yang kawasan rawan banjir karena berada di bantaran Kali Ciliwung, yang airnya tidak mengalir ke KBT.

Sedangkan KBT hanya menerima aliran dari enam kali yakni Kali Cipinang, Sunter, Buaran, Jatikramat, Jatibening, dan Kali Cakung.

Walikota Jakarta Timur, Murdhani, menjelaskan bahwa mulanya ada 40 titik kelurahan rawan banjir, yang tersebar di 163 RW dan 678 RT.

Namun dengan adanya enam kali yang mengalir ke KBT, maka titik banjir itu tinggal di 7 kelurahan.

"Paling tidak, dari 40 kelurahan yang menjadi langganan banjir kini tinggal tujuh kelurahan. Tujuh kelurahan yang masih rawan banjir itu berada di bantaran Kali Ciliwung yang alirannya tidak masuk ke KBT,” katanya, Kamis 7 Januari 2010, seperti dikutip dari situs milik Pemerintah DKI.

Selanjutnya untuk mengatasi banjir di sepanjang bantaran Kali Ciliwung, Pemerintah Kota Jakarta Timur telah menyiapkan logistik seperti tenda, velbed, dapur umum, pelampung, perahu karet, serta ambulans.

Sedikitnya, ada 1.162 personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), 487 petugas kebersihan, 206 tenaga kesehatan, dan sejumlah personil bantuan lainnya yang disiagakan dalam menghadapi banjir 2010.

Ketua Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Jakarta Timur, Arifin Ibrahim, mengatakan, proyek KBT diyakini mampu mengurangi titik banjir yang selama ini menjadi problem warganya. Misalnya di kawasan Cipinang Besar Utara, Cipinangbesar Selatan, Cipinangmuara yang kerap terendam banjir akibat luapan Kali Cipinang.

Selain itu masih ada kawasan lainnya yang sering terkena banjir seperti Klender, Malakajaya, Penggilingan, dan Pulogebang.

”Manfaat KBT ini sangat besar bagi masyarakat Jakarta Timur karena titik rawan banjir sudah berkurang. Sedangkan bagi kawasan yang masih terendam, kini volume banjirnya tidak terlalu tinggi,” ungkapnya.

VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024