Jakarta Banjir, Instruksi Anies Baswedan: Bantu dan Selamatkan Warga!

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Hujan yang mengguyur kota Jakarta sejak sore hari kemarin, membuat sebagian besar daerah di Jakarta terendam banjir. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan segera menginstruksikan jajaran di Pemprov DKI Jakarta untuk menanggulangi banjir yang menerjang awal tahun 2020 ini.

Beri Kuliah Umum di Jepang, Anies Baswedan Berpesan Aktif Kawal Demokrasi Indonesia

Dari rekaman suara yang diterima VIVA, Anies berpesan kepada seluruh jajarannya untuk segera turun tangan untuk mendatangi kantor-kantor kelurahan dan membantu warga yang terjebak banjir.

"Saya instruksikan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk turun tangan langsung datangi kantor kelurahan terdekat bekerja di bawah koordinasi para lurah, membantu untuk menyelamatkan warga," ujar Anies melalui rekaman suara di Pintu Air Manggarai, Rabu, 1 Januari 2020.

Kiai Pendukung Anies Dukung Pramono-Rano Karno, Ungkap Alasannya

Ia juga meminta seluruh jajarannya untuk segera mempersiapkan dapur umum, obat-obatan serta menyediakan tempat-tempat pengungsian, untuk warga DKI Jakarta yang terkena dampak banjir.

Baca Juga: Audy dan Iko Uwais Terjebak Banjir

Jubir PKS Sebut Ridwan Kamil-Suswono sedang Cocokkan Waktu untuk Ketemu Anies

"Siapkan evakuasi warga terdampak, pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap, seluruh kantor pemerintahan, sekolah harus siap menjadi tempat pengungsian, siapkan dapur umum, siapkan pos kesehatan, dan pastikan kebutuhan kesehatan siap! Obat-obatan makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum dan semua kebutuhan dasar lainnya dalam kondisi siap," katanya.

Selain itu, Anies juga meminta jajarannya untuk memastikan tidak ada aliran listrik dan pohon tumbang yang dapat membahayakan warga Jakarta.

"Pastikan keamanan warga di tempat tinggal dan di jalanan aman. Kepada para walikota untuk melakukan koordinasi di wilayahnya masing-masing, pastikan warga terbebas dari wilayah listrik, pohon tumbang, dan semacamnya. Pastikan kelancaran lalin, pastikan mobilitas warga di jalanan tidak terganggu, amankan semua transportasi publik, bila ada rute kendaraan umum yang terkendala banjir, segera siapkan rute alternatif," katanya.

Dalam rekaman yang berdurasi 3.26 detik itu, Anies meminta kepada Walikota, Camat, dan Lurah untuk mememastikan kondisi warga dengan baik serta tidak lupa untuk memikirkan kondisi kesehatan masing-masing.

"Terakhir kepada ibu dan bapak semua, laksanakan pesan ini sambil saya pesankan kepada semuanya ibu dan bapak sekalian harus menjaga kesehatan, keselamatan, dan keamanan bapak ibu sendiri supaya bisa bekerja memastikan warga terselamatkan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya