Kata Anies soal DKI Diganjar Penghargaan Transportasi Tingkat Dunia

DKI Jakarta raih penghargaan Honorable Mention di ajang STA 2020
Sumber :
  • Instagram Anies Baswedan

VIVA – DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan transportasi perkotaan level dunia. Ibu Kota Negara ini dianugerahi Honorable Mention dalam ajang Sustainable Transport Award 2020 di Washington DC pada Selasa, 14 Januari 2020. 

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Atas prestasi itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengucapka syukur. Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menyebut bahwa penghargaan yang didapat DKI Jakarta karena ada perbaikan dalam bidang transportasi di Jakarta.

"Alhamdulillah, berbarengan dengan 16 tahun TransJakarta, DKI Jakarta meraih penghargaan honorable mention," tulis Anies dalam akunnya di Instagram, Jumat, 17 Januari 2020.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Dia menjelaskan bahwa penghargaan itu diberikan atas usaha DKI dalam meningkatkan kualitas transportasi publik. Upaya itu, di antaranya memperluas sistem Bus Rapid Transit (BRT),  TransJakarta, integrasi antarmoda transportasi melalui JakLingko, dan peningkatan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum. Selain itu, melesatnya jumlah penumpang TransJakarta hingga 200 persen dalam waktu sekitar 3 tahun. 

"Jakarta masuk dalam nominasi STA 2020 karena banyaknya perubahan positif yang terjadi di Jakarta dalam kaitannya dengan sistem transportasi berkelanjutan," ujar Anies.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Dia menuturkan, DKI Jakarta masuk dalam putaran final bersama 12 kota lainnya di dunia, di antaranya Richmond (Amerika Serikat), San Jose (Kosta Rika), Kingston (Kanada), Bogota (Kolombia). Dalam prosesnya, Jakarta menduduki posisi tiga besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda).?

"Hingga akhirnya Jakarta dianugerahi Honorable Mention. Juara STA 2020 tahun ini memang Pune. Tapi sejak penilaian selesai justru kita lebih semangat lagi lakukan perbaikan," ucapnya.

Perbaikan itu, seperti penambahan rute JakLingko, integrasi antarmoda yang semakin baik, penambahan jalur sepeda, complete strees diperbanyak. Selain itu, Pemprov DKI baru bekerja sama dengan PT KAI untuk integrasi dan penataan stasiun Jabodetabek. 

Baca juga:

Setelah Keraton Agung Sejagat, Kini Muncul Sunda Empire

Warganet Respons Sinta Nuriyah Bilang Muslimah Tak Wajib Berhijab

Kendati mendapat penghargaan internasional, namun menurut dia, penghargaan terbesar adalah meningkatnya jumlah pengguna transportasi umum di Jakarta. 

"Penghargaan terbesar justru dari warga Jakarta yang semakin sering naik transportasi publik karena merasakan manfaat langsung dari perbaikan yang dijalankan," ucapnya.

Warganet pun memberikan ucapan selamat dalam kolom komentar. Sekitar pukul 16.30 WIB, ada lebih dari 1.200 komentar. Salah satu warganet bilang bahwa penghargaan itu merupakan sebuah prestasi yang tidak bisa dicapai oleh gubernur Jakarta lainnya. 

"Hebat pak Anies. Pasti ini idenya bapak semua, belum ada gubernur yang bisa seperti ini. Apalagi tanpa wakil," tulisnya. 

"Semoga transportasi publik di Jakarta semakin nyaman dan mudah diakses," tulis lainnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya