Warga DKI Diminta Waspada Potensi Virus Corona

Coronavirus.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Virus Corona yang menyebar dari Wuhan, China telah menginfeksi hampir 300 orang dan enam orang meninggal dunia. Virus misterius itu bahkan dikonfirmasi telah masuk ke Amerika Serikat. 

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Seorang warga A yang tiba di Seattle dari China didiagnosis terinfeksi virus tersebut. Selain di AS, kasus ini diidentifikasikan di Thailand, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan. 

Terkait hal itu, Pemprov DKI meminta warga Jakarta secara khusus supaya mulai waspada atas adanya potensi virus corona yang diduga berasal dari Wuhan, mulai masuk ke ibu kota. Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Dwi Oktavia, Pemprov DKI bersama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai mengambil langkah kewaspadaan virus tersebut masuk ke Jakarta.

Lebih dari 92 Ribu NIK Warga DKI Bakal Dinonaktifkan Pekan Ini

"Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengimbau seluruh warga Jakarta waspada terhadap wabah pneumonia berat yang berawal dari Kota Wuhan," kata Dwi dalam keterangannya, Rabu, 22 Januari 2020, dikutip dari VIVA.

Dia menuturkan, berdasarkan data internasional, tercatat ada 224 kasus di seluruh dunia dengan kematian di Jepang, Korea Selatan, dan Thailand. Komunitas medis internasional pun menyatakan bahwa virus tersebut bisa menular, namun belum ada vaksin yang mampu menangkalnya. Bahkan, virus ini bisa menular antarmanusia meski secara terbatas.

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

Dwi menyatakan Pemprov DKI bersama Kemenkes mengaktifkan pemindai tubuh di pintu-pintu masuk internasional di Jakarta. Selain itu, memberi instruksi kepada seluruh rumah sakit untuk siaga, dan memberi edukasi kepada masyarakat atas potensi penyebaran virus yang dinamai Novel Corona ini.

"Sampai tanggal 22 Januari 2020, belum ditemukan penderita pneumonia akibat virus baru Novel Coronavirus (nCoV) di DKI Jakarta," ungkap Dwi.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyerahkan proses pembayaran pembebasan lahan proyek normalisasi Sungai Ciliwung kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024