Kawasan Monas Banjir, Warganet: Pohon di Sana Banyak Ditebasin

Genangan air di Monas
Sumber :
  • Instagra Dishub DKI Jakarta

VIVA – Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Jumat pagi, 24 Januari 2020 menyebabkan sejumlah titik tergenang air. Bahkan setelah hujan reda, beberapa titik di wilayah Jakarta masih terendam banjir. 

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Dikutip dari akun Dishub DKI Jakarta di Instagram, di pintu masuk Monumen Nasional (Monas), Jalan Medan Merdeka Selatan, jalanan sempat tergenang air dengan ketinggian 20-25 centimeter (cm). Sementara akun Twitter TMC Polda Metro Jaya juga mengabarkan hal yang sama. 

“Banjir 20-30 cm di Kawasan Monas Jakarta Pusat, agar hati-hati bila sedang melintas,” tulis TMC Polda Metro Jaya.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Soal banjir di wilayah itu, warganet pun mengaitkannya dengan revitalisasi yang sedang dilakukan di Monas. "Gimana ga banjir, pohon di sana banyak ditebasin," tulis salah satu warganet. 

"Akhirnya Monas ada wahana berenangnya. Yahoooi...," tulis lainnya. 

BPBD Ungkap Data Curah Hujan Eksrem yang Sebabkan Jakarta Banjir Hari Ini

Seperti diketahui, pemerintah provinsi DKI Jakarta akan membuat kawasan Monas menjadi terbuka seperti Lapangan Banteng. Ada ratusan pohon yang ditebang untuk revitalisasi tersebut. 

Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan DKI Heru Hermawanto bilang, revitalisasi kawasan yang menjadi ikon Jakarta itu telah dimulai. Ditargetkan revitalisasi selesai pada 2021.

Adapun sisi selatan Monas yang saat ini menjadi lokasi awal penataan akan menjadi salah satu akses kawasan. Halte TransJakarta Balai Kota yang berada di titik itu akan dipindahkan. Sedangkan Lenggang Jakarta yang saat ini di selatan Monas, direncanakan dipindahkan ke dekat stasiun Gambir.

"Revitalisasi untuk buat kawasan Monas jadi lebih baik," ujar Heru, dikutip dari VIVAnews.

Banjir 2 meter

Selain di Monas, banjir juga terjadi di underpass Jalan Convair, Kemayoran (Ghandi School). Ketinggian air di daerah itu sudah mencapai kurang lebih 2 meter. Akibat ketinggian air, jalan tersebut sudah ditutup. 

Selain itu, ada beberapa titik genangan dan banjir di Jakarta Utara. Misalnya di Sunter, Muara karang, Danau Sunter selatan, Jalan Boulevard Kelapa Gading, Sunter Podomoro, dan Sunter Mall. 

"Hati hati terhadap genangan air atau lubang, hindari berkendara dalam kecepatan tinggi," tulis akun tersebut

Petugas di lapangan memberitahukan dan mengarahkan kendaraan bermotor untuk mencari jalan alternatif. Diimbau kepada pengguna supaya berhati-hati saat melintas dan jaga jarak aman kendaraan.

Adapun di depan Astra Jalan Yos Sudarso Jakarta Utata juga terpantau banjir sekitar 50-60 cm. Sehingga, bagi kendaraan sejenis sedan diimbau agar tidak melintas.

Wilayah Jalan Tugu Raya Koja, Jakarta Utara juga sempat tergenang 20-30 cm. Tapi, pengendara diharap hati-hati apabila melintas. Begitu juga di Jalan Sunter Jaya, dikabarkan banjir 30-50 cm sehingga tak bisa dilintasi kendaraan jenis sedan.

Selanjutnya, banjir juga merendam Gerbang Tol Sunter Jakarta Utara serta di Jl Pluit Raya, Pluit Sakti terpantau ada genangan air sekitar 30-40 cm. Maka, pengendara disarankan cari alternatif jalan lain.

Di samping itu, dari Instagram jktinfo juga menginformasikan wilayah banjir Jakarta pada hari ini di antaranya depan SMP Negeri 117 Jakarta, kemudian Asem Baris Tebet, serta Mangga Besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya