Yoga Adiwinarto, Milenial yang Jadi Plt Dirut Transjakarta

Yoga Adiwinarto, Plt Direktur Utama Transjakarta
Sumber :
  • Linkedin

VIVA – Yoga Adiwinarto ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) pada Senin, 27 Januari 2020. Sebab, pengangkatan Donny Andy Saragih menjadi Direktur Utama Transjakarta dibatalkan oleh Pemerintah Provinsi Jakarta.

Pemprov DKI Bangun Sekolah Pengemudi untuk Sopir Transjakarta

Informasi dari Linkedin, Yoga saat ini menjadi Direktur Teknik dan Fasilitas PT TransJakarta sejak Agustus 2019 dan sekarang sudah berjalan 6 bulan. Selain itu, Yoga memang bergelut di bidang transportasi.

Periode Desember 2006 sampai September 2007, Yoga bekerja di Perusahaan Mott MacDonald sebagai transport planner. Ia bekerja di sini selama 10 bulan.

Bus Transjakarta Tabrak Pemulung hingga Tewas di Pancoran

Kemudian, Yoga menjadi konsultan di Perusahaan Jacobs Consultancy selama 3 bulan atau periode Oktober 2007 sampai Desember 2009.

Baca juga: WNI Terjebak di Wuhan Putus Asa: Kita Cuma Tunggu Giliran Terinfeksi

Kronologi Tabrakan Transjakarta Vs Mercedes Benz di Jaksel

Setelah itu, ia bergabung di Perusahaan Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) sebagai Direktur selama 4 tahun (Mei 2009-Agustus 2019).

Dari segi pendidikan, Yoga merupakan lulusan SMA 8 Jakarta dan mengambil kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan civil engineering tahun 2000-2005. Kemudian, ia melanjutkan program pascasarjana (S2) di University of Leeds tahun 2005-2006.

"Saya seorang perencana transportasi yang bekerja menuju transportasi berkelanjutan di kota-kota. Visi saya adalah menciptakan kota yang berkelanjutan dan layak huni, lebih disukai di negara berkembang," tulis Yoga.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatalkan penunjukkan Donny Andy Saragih sebagai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Akhirnya, Yoga Adiwinarto ditunjuk sebagai Plt Direktur Utama Transjakarta.

Dalam keputusan para pemegang saham di luar RUPS, di antaranya membatalkan keputusan para pemegang saham di luar RUPS tanggal 23 Januari 2020 (membatalkan pengangkatan Donny Saragih sebagai Direktur Utama Transjakarta).

Kemudian, menerima pengunduran diri dan memberhentikan dengan hormat Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono. Selanjutnya, mengangkat Yoga Adiwinarto sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Transjakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya