Banjir Terus Berulang Terjadi di Jakarta, Perlukah DPRD Bentuk Pansus?

Banjir Terjadi di Beberapa Wilayah Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saptono

VIVA – Banjir yang terus berulang terjadi di Jakarta membuat geram warga Jakarta. DPRD berinisiatif membuat panitia khusus membahas banjir Ibu Kota untuk menanyakan perihal penanganan banjir oleh Pemprov DKI Jakarta.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Isu pembentukan pansus ini sudah bergulir sejak awal tahun saat banjir menerjang Jakarta pada tahun baru.  Tujuan dari pembentukan pansus ini agar masalah banjir yang menyebabkan ribuan rumah warga Jakarta terendam banjir tidak terulang lagi.

Salah satu inisiator pansus ini adalah Fraksi Partai Amanat Nasional. Beberapa fraksi yang sudah menyetujui pembentukan Pansus Banjir di antaranya, Fraksi Golkar, Nasdem, Partai Solidaritas Indonesia, PDIP, dan Demokrat. 

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Sementara Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menolaknya dengan alasan masalah-masalah di ibu kota, selain banjir, tidak kalah urgen. Anggota DPRD DKI dari Fraksi PKS, Abdul Aziz, mengharapkan rencana legislatif daerah membentuk pansus banjir bisa dikaji lagi.

"Ya saya rasa urgen atau tidak, itu relatif ya, karena kalau kita bicara urgen, banyak sekali masalah yang lebih urgen," ujar Aziz di DPRD DKI dikutip dari VIVAnews Rabu, 26 Februari 2020.

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Aziz mengungkapkan, sekali pun sudah mengemuka di publik, rencana pembentukan pansus bisa dibicarakan lagi secara internal di antara ketua-ketua fraksi DPRD DKI. Aziz mengaku tidak mau jika pansus banjir malah menjadi hal yang tidak produktif untuk mengevaluasi kinerja DKI.

"Sebaiknya dibicarakan dulu di internal dengan pimpinan-pimpinan fraksi, agar tidak terjadi blunder nantinya," ujar Aziz.

Sekali pun begitu, DPRD mau tidak mau harus menjalankan pansus jika fraksi-fraksi setuju pembentukannya. Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi, menegaskan pembentukan pansus banjir DKI untuk menanyakan kepada pemerintah Jakarta terkait penanggulangan banjir.

“Yang jelas akan ada pansus banjir untuk bisa mempertanyakan itu. Sudah ada permintaan dari fraksi. Kita lihat saja. Biasanya banjir lima tahun sekali, ini tiap hujan banjir kan jadi pertanyaan,” ujar Prasetyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya