Pengendara Hati-hati, Hujan Deras Disertai Petir Sabtu Malam Ini

Ilustrasi banjir.
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

VIVA – Hujan deras disertai petir kembali melanda wilayah Jakarta pada Sabtu malam, 29 Februari 2020. Mengutip akun Twitter resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, @BPBDJakarta, menginformasikan kepada warga bantaran kali untuk waspada banjir.

Puluhan Ribu Warga Australia Dievakuasi Saat Hujan Deras Guyur Sydney

Menurut BPBD DKI Jakarta terjadi kenaikan tinggi muka air di Pos Pantau Depok dalam status Waspada atau Siaga 3 pada pukul 21.40 WIB.

"INFO DISASTER EARLY WARNING SYSTEM (DEWS) KEPADA WARGA BANTARAN KALI AKIBAT KENAIKAN TINGGI MUKA AIR DI POS PANTAU DEPOK, TMA 240 CM/HUJAN (WASPADA/SIAGA 3) PADA HARI Sabtu, 29 Februari 2020, Pukul 21.40 WIB," demikian keterangan resmi BPBD DKI Jakarta.

Sungai Meluap dan Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Semarang Kebanjiran

Ratusan KK di Bekasi Dikepung Banjir Setinggi 3 Meter

Sebelumnya diberitakan bagi para pengendara di Jakarta diminta hati-hati sampai awal Maret mendatang. Sebab, hujan deras akan mengguyur Jakarta hingga 2 Maret 2020.

Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Selain wilayah Jakarta, hal yang sama juga terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Potensi cuaca ekstrem juga masih bisa terjadi hingga bulan Maret. Dari hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia," kata Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono R. Prabowo.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya