Layanan KTP Mobile Jaktim Makin Diminati

VIVAnews – Sejak diluncurkan akhir Desember 2009, Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Timur hingga kini telah menerbitkan sebanyak 116 Kartu Tanda Penduduk (KTP) melalui pelayanan KTP keliling (KTP Mobile).

Sebanyak 116 warga telah memperoleh KTP melalui pelayanan KTP Mobile berasal dari tiga Kelurahan. Rinciannya, di Kelurahan Duren Sawit sebanyak 44 warga, Pondok Bambu 12 warga, serta Klender 60 warga.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Timur Edison Sianturi menjelaskan hingga saat ini pemerintah belum menemukan suatu kendala apapun terkait dengan pelayanan KTP Mobile. Bahkan, lanjutnya, dengan adanya pelayanan KTP Mobile, justru sangat membantu masyarakat dalam pengurusan perpanjangan KTP.

“Makanya kami gelar pada hari Sabtu atau hari libur lainnya untuk memberikan waktu bagi masyarakat yang sehari-hari mungkin tidak sempat karena pekerjaannya atau urusan lainnya,” ujar Edison.

Dalam satu hari, kata Edison, biasanya petugas kelurahan menerima permintaan perpanjangan KTP sebanyak 10 hingga 15 orang. Namun dalam satu hari pelayanan KTP keliling ini, petugas dapat memproses sebanyak 60 orang yang hendak mengurus perpanjangan KTP.

Untuk jadwal berikutnya, Edison menuturkan pelayanan KTP Mobile akan menyambangi Kelurahan Malakajaya, Kecamatan Duren Sawit pada 16 Januari 2010.

“Kami akan optimalkan pelayanan ini di Jakarta Timur yang memang dikenal sebagai wilayah padat penduduk,” kata dia.

Lurah Klender Duren Sawit Agus Mulyadi menuturkan pelayanan KTP Mobile ini dirasa sangat membantu warganya terutama warga yang sehari-harinya selalu disibukkan dengan pekerjaannya.

”Jelas sangat membantu, terlebih waktu pelayanannya sangat pas untuk warga yang tidak punya waktu pada hari kerja. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi mereka yang tidak sempat memperpanjang KTP lantaran sibuk kerja,” ujarnya.

Nah, untuk mengoptimalkan layanan ini, Sudin Dukcapil gencar menyosialisasikan keberadaan pelayanan KTP Mobile. Salah satunya dengan cara mengumumkan pelayanan melalui alat pengeras suara yang terdapat pada fasilitas umum seperti masjid atau musholla yang berada di pemukiman warga. Dengan cara itu diharapkan masyarakat dapat segera memperoleh informasi keberadaan KTP Mobile yang sedang mengunjungi pemukimannya.

 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat
Bea Cukai bersama BNN menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu dan ganja

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Sepanjang Januari-Februari 2024, Bea Cukai bersama BNN telah mengungkap empat kasus peredaran gelap narkotika di wilayah Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024