Jangan Kaget, Siang Ini Bayangan Tubuh Warga Jakarta Bakal Lenyap

Pengunjung bersantai di taman Monumen Nasional (Monas), Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA –  Sebuah fenomena alam bakal terjadi di langit Jakarta siang ini, Rabu 4 Februari 2020. Kejadian ini bakal membuat kita tak memiliki bayangan.

Gerhana Matahari Total Bakal Hadir di Indonesia, Cek Jadwalnya

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Gefisika atau BMKG, tepat pukul 12:05 WIB, bayangan akann sina karena terjadi fenomena alam bernama kulminasi utama.

"Untuk warga Jakarta hari Ini adalah saat yang tepat untuk mengalahkan Shikamaru karena tepat pukul 12.05 WIB dia tidak akan mampu menggunakan "kagemane no jutsu" karena akan ada fenomena kulminasi utama yang menyebabkan fenomena hari tanpa bayangan," tulis BMKG.

Eropa Siapkan Proyek Gerhana Matahari Buatan, Buat Apa?

BMKG menyebutkan, fenomena ini tak cuma terjadi di Jakarta saja lho, di beberapa wilayah juga akan merasakannya, hanya saja waktunya berbeda-beda. Di Kota Serang, Banten misalnya, diperkirakan terjadi pukul 12:07 WIB.

Nah bagi yang penasaran dengan fenomena ini, silakan coba sendiri ya, terutama bagi warga Jakarta.

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Perlu diketahui, bayangan kita akan lenyap saat fenomena ini terjadi karena posisi matahari tepat berada di ata kepala. Tak cuma bayangan manusia, bayangan tugu Monas pun bakal hilang lho.

Ilustrasi Matahari

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Sebagian besar negara di dunia mengalami siklus siang dan malam, tetapi ada negara-negara di mana fenomena matahari tengah malam terjadi, yang artinya matahari terus ada

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024