Viral Pasien Diduga Corona Ditangani RS Serang, Ini Kata Rumah Sakit

Tangkapan gambar video viral diduga penanganan pasien Corona
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Beredar sebuah video di media sosial dua orang petugas kesehatan menggunakan masker dan pakaian khusus layaknya penanganan pasien suspect virus Corona Covid-19 pada Selasa, 3 Maret 2020.

Video diunggah akun YouTube Juwita Rosmawanti dengan judul “Beredar Video yang Diduga Terkena Virus Corona di RSDP Serang, Ternyata Itu Hanya Simulasi'. Dan video itu sudah ditonton sebanyak 1.575 kali.

Video diambil di depan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit dr Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang, Banten. Dari video tersebut, seorang pasien dievakuasi keluar dari IGD dan dimasukkan ke mobil ambulans. Kemudian, dua orang petugas mendampingi dengan pakaian lengkap.

Pasien di Ruang Isolasi

Namun Humas RSDP Serang, dr Anam mengatakan pihaknya belum bisa memastikan penyakit pasien yang direkam dan viral di media sosial itu. Menurut dia, saat ini pasien sudah dibawa ke ruang isolasi.

"Pasien itu keluar IGD dan kita bawa ke ruang isolasi di bagian belakang (rumah sakit). Ada satu ruangan, empat kamar," kata dr Anam seperti dilansir VIVAnews pada Rabu, 4 Maret 2020.

Ia mengatakan saat ini pihak rumah sakit terus melakukan observasi kepada pasien untuk memastikan penyakit yang dideritanya, termasuk bakal memberikan informasi lebih lanjut jika sudah diketahui hasil laboratoriumnya.

Adapun, pakaian yang digunakan petugas itu merupakan standar penanganan penyakit jenis virus agar tidak tertular. "Protokol penyakit bervirus memang seperti itu. Belum bisa dipastikan pasien sakit apa. Nanti kita informasi lebih lanjut," ucapnya.

Diketahui sebelumnya sudah ada dua warga di Indonesia positif tertular virus Corona. Keduanya kini dirawat di RSPI Sulianti Saroso.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024