Ditanya Jakarta Lockdown, Anies: Fokus Social Distancing Dulu

virus corona
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan saat ini, baik Pemprov, juga warga ibu kota, harus fokus pada strategi social distancing atau pengurangan interaksi satu sama lain.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, hal itu, adalah jawabannya jika publik saat ini mulai membayangkan strategi lockdown atau peniadaan aktivitas total untuk menyetop penyebaran corona.

"Pada tahap ini, kita melakukan pengurangan interaksi. itu yang kita kerjakan sekarang," ujar Anies usai pertemuan dengan pimpinan wilayah di Dinas Pendidikan (Disdik) DKI, Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.

Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di KPU, Anies Ungkit Pilpres 2024 Banyak Catatan

Anies mengungkapkan, social distancing, tergantung kepada tindakan warga. Warga harus sadar bahwa upaya pencegahan penularan virus, ada di tangan mereka selaku penduduk yang beraktivitas di ibu kota, tidak semata-mata tanggung jawab pemerintah.

"Ini (social distancing) tidak bisa terjadi kalau hanya pemerintah menganjurkan, tapi masyarakat, tetap melakukan interaksi. Karena itulah kita minta kepada seluruh masyarakat, ikuti imbauan ini," tutur Anies.

Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya

Anies juga mengemukakan, semua kemungkinan, termasuk lockdown, dikaji pemerintah. Hanya, daripada mengira-ngira langkah lanjutan menghadapi corona, masyarakat lebih baik fokus melakukan social distancing dulu.

"Kami, di Jakarta, harus mengantisipasi semua kemungkinan," ujar Anies.

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh bersama Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan nanti akan kembali membahas soal peluang Anies Baswedan yang akan kembali maju di Pilkada Jakarta tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024