Semua Lampu Merah di DKI Akan Diberi Timer

VIVAnews - Dinas Perhubungan Pemprov DKI akan memasang seluruh lampu lalu lintas atau traffic light (TL) yang dilengkapi dengan penunjuk waktu atau count down timer.

"Kita sudah memang traffic light (TL) timer sebanyak 150 unit di 70 persimpangan jalan-jalan di Jakarta. Rencananya tahun ini akan kembali dipasang di ratusan lokasi persimpangan Jakarta," ujar Kepala Bidang Manajemen dan Teknik Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar kepada wartawan, Selasa 11 Januari 2010.

Dia melanjutkan, tentunya pemasangan ini dilakukan secara bertahap, sesuai anggaran. Diharapkan dengan adanya traffic light timer dapat menjadi petunjuk bagi pengendara untuk segera berhenti, atau bersiap menjalankan kendaraan. "Secara logika, penambahan count down timer tersebut bisa mereduksi kecelakaan dan membuat pengendara lebih tertib," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengganti seluruh lampu lalu lintas dengan memakai bola lampu hemat energi sejenis Light Emitting Diodes (LED) yang intensitas pencahayaannya lebih terang, serta dilengkapi count down timer.

"Bola lampu LED tersebut memiliki ketahanan hingga 10 tahun, jadi lebih awet," ungkapnya.

Akbar menambahkan lampu yang mengalami kerusakan sudah banyak yang diperbaiki, dan diganti, yakni di 40 lokasi. Menurutnya kerusakan akibat sumber listrik yang putus, antara lain karena kerusakan jaringan kabel yang ditanam di kedalaman tiga meter.

Kerusakan itu umumnya terjadi akibat galian jaringan utilitas yang dilakukan serampangan sehingga kerap memotong kabel lampu. Sebagian lainnya rusak karena bola lampu mati atau tiang keropos.