PSBB di Jakarta, Kendaraan Lewati Perbatasan Depok Dicek Polisi

PSBB, polisi cek kendaraan di perbatasan Depok
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan

VIVA – Sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta akibat wabah Corona, aparat mulai melakukan pengawasan di sejumlah titik perbatasan kota itu pada Jumat, 10 April 2020. Salah satunya adalah di Depok, daerah yang memang bersinggungan langsung dengan ibu kota Jakarta.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Adapun sasaran atau target petugas adalah pengendara yang tak menggunakan masker serta kapasitas penumpang pada kendaraan roda empat atau lebih. Salah satu titik yang dijaga petugas gabungan Polri dan Dishub itu adalah di fly over akses UI perbatasan Depok – Jakarta Selatan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Sutomo menuturkan, jumlah volume kendaraan yang melintas menuju Jakarta maupun sebaliknya, saat ini jauh berbeda dengan hari-hari sebelum PSBB diterapkan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

“Sekarang ini kendaraan yang melintas cukup sepi, baik yang mengarah Jakarta maupun yang masuk ke Depok,” katanya di lokasi perbatasan tersebut

Namun demikian, Sutomo mengaku, pihaknya masih saja menemukan sejumlah pengendara yang belum memahami aturan, seperti tidak menggunakan masker dan membawa penumpang dengan posisi yang berdempetan atau tidak menjaga jarak.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Ya masih ada saja pengendara yang tidak menggunakan masker. Karena itu ini kami telah siapkan masker, kita berikan pemahaman agar mereka sadar dan mau disiplin untuk turut serta memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” katanya.

 Sutomo menegaskan, pengawasan ini sifatnya hanya imbauan dan tidak ada sanksi tilang. Namun pada waktu ke depan tentu akan ada tindakan tegas bagi yang melakukan pelanggaran.

“Untuk ojol (ojek online) usahakan jangan membawa angkutan orang dahulu, diusahakan buat ngangkut barang saja. Kalau yang melanggar saat ini cukup imbauan, agar menggunakan masker. Bagi warga yang ke Jakarta yang enggak ada masker cukup dikasih masker,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain di fly over akses UI, polisi juga melakukan pengawasan di sejumlah titik perbatasan lainnya, seperti di Jalan Raya Bogor, Jalan alternatif Cibubur dan Jalan Raya Parung perbatasan Tangerang. Pengontrolan lalu lintas ini diharapkan bisa meminimalisir keramaian demi mencegah penularan Corona COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya