Heboh Jadi Pusat Keramaian Saat PSBB, IKEA Alam Sutra Ditutup

IKEA disidak petugas keamanan.
Sumber :
  • Sherly / VIVA

VIVA – Pemerintah Kota Tangerang melakukan penutupan sementara pusat perbelanjaan IKEA yang berada kawasan Alam Sutera. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengungkapkan, keputusan itu dikeluarkan setelah heboh diduga mal itu mengundang keramaian dan kerumunan masyarakat. Hal itu jadi perhatian pada masa pelaksanaan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kota Tangerang.

"Sudah ditutup sementara sejak kemarin Minggu, 10 Mei 2020, managemen IKEA juga sudah menutup operasionalnya," kata Arief dikutip Senin 11 Mei 2020. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Dia pun mengakui, penutupan itu merespons beredarnya sebuah video yang menunjukkan parkiran di pusat perbelanjaan itu cukup padat. Petugas terkait langsung mengecek kebenarannya.

"Kemarin Satpol PP dan petugas lain, seperti Kepolisian juga ngecek ke sana," ujarnya.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Sementara itu, Public Relations Manager IKEA Indonesia, Ririn Basuki mengungkapkan, sejumlah petugas memang melakukan pengecekan kemarin. Pengecekan dilakukan khususnya terkait izin serta prosedur pelaksanaan PSBB.

"Bukan untuk menyegel, tapi untuk memastikan penerapan regulasi PSBB di toko IKEA Alam Sutera, serta izin IKEA," ungkapnya

Protikol kesehatan yang diterapkan pengelola ke pengunjung pun jadi sorotan. Seperti adanya pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki toko IKEA, penyediaan hand sanitizer, memastikan pemakaian masker, informasi dan penerapan jaga jarak, pembatasan jumlah pengunjung sosialisasi kepada pengunjung untuk mematuhi regulasi PSBB.

Baca juga: Kisah Ibu Disabilitas Riding 1.400 Km Demi Anak Saat Lockdown Corona

"Setelah melakukan kunjungan, tim Satpol PP mengatakan penerapan PSBB di IKEA sudah sangat baik, bahkan di luar ekspektasi mereka. Namun memang, untuk sementara kami akan menutup atau tidak melayani pembelian secara langsung," jelasnya.

Terkait sampai kapan penutupan sementara itu, pihaknya belum bisa memastikan. Karena nantinya, pihak manajemen IKEA akan melakukan pertemuan dengan Pemkot Tangerang hari ini

"Kami akan mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Kota Tangerang untuk evaluasi lebih lanjut. Dan akan kami informasikan secepatnya," ungkapnya.

Selama periode PSBB ini, pelanggan IKEA tetap dapat mengakses berbagai penawaran dari IKEA secara mudah melalui online di www.ikea.co.id. Yang mana, pelanggan mendapat opsi untuk memilih pengiriman barang yang diantar ke IKEA pick-up point, atau diantar ke rumah.

Pantau berita terkini di VIVA Network terkait Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya