Anies Buatkan Bilik Isolasi Mandiri untuk Warga Pemukiman Padat

Gubernur DKI Jakarta Anies BAswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan tempat bilik isolasi mandiri di Gedung Kesenian Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ruang isolasi mandiri ini, disediakan untuk warga yang kesulitan untuk isolasi mandiri di rumahnya, terutama daerah pemukiman padat.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sempat melakukan kunjungan dan melihat langsung persiapan bilik isolasi mandiri tersebut. Bilik sederhana ini berukuran 2,5 meter x 2,5 meter yang berfungsi untuk membantu dalam pencegahan penularan COVID-19.

"Nantinya bilik ini akan digunakan bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) selama 14 hari masa inkubasi," kata Anies lewat Facebook yang dikutip pada Senin, 18 Mei 2020.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Baca Juga: Jokowi: Biar Semuanya Jelas, Belum Ada Kebijakan Pelonggaran PSBB

Menurut dia,  80 persen kasus terpapar COVID-19 merupakan mereka yang bergejala ringan dan tak bergejala, sehingga diharuskan untuk isolasi mandiri selama 14 hari. Nah, Pemerintah Provinsi DKI menyadari bahwa di Jakarta ini ada perkampungan-perkampungan amat padat, yang kesulitan ruang untuk isolasi mandiri di rumahnya.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

"Karena itu, di DKI saat ini setiap kelurahan sudah menyiapkan tempat untuk isolasi mandiri seperti ini bagi penduduk yang dalam ODP atau gejala ringan," ujarnya.

Ia menjelaskan terobosan bilik isolasi mandiri ini merupakan solusi terbaik agar fasilitas kesehatan lanjutan dapat diprioritaskan sepenuhnya bagi mereka yang bergejala berat COVID-19, dan membutuhkan perawatan intensif.

Di samping itu, Anies mengatakan bilik ini merupakan hasil kerja bersama jajaran dan Satgas COVID-19 di lingkungan Pemprov DKI, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), BUMD Sarana Jaya dan Pemerintah Kota Jakarta Pusat.

"Insya Allah keberadaan bilik isolasi ini ikut membantu penanganan COVID-19 di DKI Jakarta," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya