Para Pendatang ke Jakarta Barat Akan Diisolasi di Masjid Raya 14 Hari

Ilustrasi arus kendaraan menyerbu Jabodetabek
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Pemkot Jakarta Barat menyiapkan lokasi isolasi bagi warganya maupun pendatang yang nekat mudik dan akan kembali ke Jakarta Barat.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Kasudinkes Jakarta Barat, Kristyanto Warthini, mengatakan bila nantinya kembali ke Jakarta, para pendatang maupun para pemudik yang balik ke Jakarta akan diisolasi di Masjid Raya KH Hasyim Ashari, Daan Mogot, Jakarta Barat selama 14 Hari.

Kristy mengatakan langkah ini sebagai bentuk tegas Pemprov DKI terhadap warganya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

“Kan enggak boleh mudik, tapi mereka tetap mudik. Ya sudah kita isolasi dulu 14 hari di sana,” ujar Kristy, Selasa 26 Mei 2020.

Di masjid sendiri, Kristy mengatakan ada 100 orang yang akan disiapkan untuk diisolasi di kawasan itu, selain itu pihak Sudinkes Jakbar telah berkoordinasi camat dan lurah, serta petugas cek poin untuk melakukan penyisiran. Artinya, penerapan ini akan dilakukan mulai hari ini. 

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

“Kita terima aja di situ. Nanti kan ada Dishub dari SKPD lain. Kita terima di situ, pokoknya kita untuk kesehatannya,” ujarnya.

Meski tempat isolasi telah disiapkan, namun Kristy menegaskan pihaknya takkan membantu memenuhi kebutuhan warga yang diisolasi. Mereka yang ditempatkan di masjid raya takkan diberi makan hingga isolasi selesai.

“Makan mandiri ya mereka,” ujarnya.

Penyekatan 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, menyebut check point penyekatan kendaraan yang hendak masuk wilayah Jakarta tersebar di 11 titik di wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Tangerang. 

Dia menjelaskan, penyekatan kendaraan yang hendak masuk wilayah Jakarta terbagi dalam tiga lapis penyekatan. Penyekatan wilayah Bodetabek merupakan penyekatan lapis kedua. 

Penyekatan kendaraan juga dilakukan di Pintu Tol arah Jakarta di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Kemudian juga dilakukan di jalur-jalur arteri dari arah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan jawa Timur. 

"Ada 11 titik pemeriksaan yaitu empat (titik) di Kabupaten Bogor, empat (titik) di Kabupaten Bekasi, dan tiga (titik) di Kabupaten Tangerang," kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 26 Mei 2020.

Penyekatan dilakukan untuk memeriksa kepemilikan surat izin keluar masuk (SIKM). Hal itu lantaran hanya warga yang mengantongi SIKM yang diperbolehkan masuk wilayah Ibu Kota dan sekitar. 

Selanjutnya, kata Sambodo, penyekatan kendaraan untuk mengecek SIKM juga dilakukan di 8 titik check point di wilayah Jakarta. Diharapkan pemeriksaan SIKM terhadap warga yang hendak masuk wilayah Jakarta bisa mencegah terjadinya gelombang kedua pandemi Covid-19 di wilayah Jakarta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya