4 Hal Penting Wajib Dipatuhi Warga Jakarta Saat PSBB Transisi

Pemeriksaan Kendaraan Selama PSBB di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Gubernur DKI Jakarta menegaskan kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan selama masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di ibu kota. Sepanjang bulan Juni, Jakarta berada dalam masa transisi menuju kondisi normal yang baru di tengah pandemi COVID-19.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

"Jadi ini adalah masa transisi, karena itu kami perlu tegaskan kepada semua lebih baik tetap berada di rumah, karena kita masih dalam kondisi wabah ini belum sepenuhnya selesai. Bila harus bepergian, maka taati prinsip protokol kesehatan," kata Anies dalam konferensi virtual yang disiarkan Youtube tvOneNews.

Selama masa transisi ini, Anies meminta masyarakat DKI Jakarta untuk memperhatikan empat hal utama dalam berkegiatan. Pertama, hanya orang sehat yang boleh keluar rumah. Kedua, selalu gunakan masker dalam kegiatan apa pun. Ketiga, selalu menjaga jarak satu meter dalam kegiatan dan interaksi apa pun. Keempat, bila mendatangi suatu tempat maka harus melihat apabila tempat tersebut sudah ada lebih dari separuh kapasitas, maka jangan masuk.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Baca Juga:Kata UAS Soal Hukum Salat Jamaah Berjarak di Tengah Wabah COVID-19 

"Empat hal ini harus dilakukan selama masa transisi, maka kita akan bisa lebih jauh lagi mengendalikan Covid-19. Di dalam masa transisi ini harus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan memastikan bahwa tempat kita berkegiatan juga mengikuti itu," ungkap mantan Menteri Pendidikan itu.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Anies menyebut bila banyak yang tidak disiplin sehingga menyebabkan angka kasus pasien maupun kematian semakin mengkhawatirkan, maka pemprov akan mengambil langkah tegas.

"Pemprov DKI dan Gugus Tugas tidak segan untuk menggunakan kewenangannya menghentikan proses transisi dan kembali kepada semua berada di rumah. Kita tidak ingin itu terjadi, maka itu mari kita semua disiplin," tegasnya.

Perpanjangan PSBB dilakukan dengan pertimbangan bahwa terjadi tren penurunan jumlah kasus COVID-19 sejak wabah pertama kali dikonfirmasi pada Maret 2020. DKI tidak segera melakukan pelonggaran supaya tren penurunan terjaga dan kasus virus corona di ibu kota terus menurun dalam jumlah angka paling minimum.

Anies juga mengemukakan, usai PSBB transisi atau PSBB periode empat, era baru di Jakarta akan dinamakan masa aman, sehat, dan produktif. Warga Jakarta akan bersama-sama lagi membangun perekonomian dan peradaban, namun dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan supaya selalu aman dari penularan COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya