Hari Pertama PSBB Transisi, Antrean Mengular di Stasiun-stasiun Kereta

Antrean mengular di Stasiun Bogor pada awal transisi PSBB
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Hari ini para pekerja kantor kembali bekerja di masa PSBB transisi di wilayah DKI Jakarta, usai kurang lebih dua bulan menjalankan kerja dari rumah. Kembalinya para pekerja kantoran membuat terjadinya sejumlah kepadatan terutama di stasiun kereta KRL pagi ini. 

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Kepadatan penumpang sejak pagi tadi terjadi di Stasiun Bogor, Jawa Barat. Sejak pagi stasiun KRL Bogor dipadati penumpang arah Bogor-Jakarta Kota akibatnya antrean panjang tidak bisa dihindari. 

Petugas KRL membatasi jumlah penumpang demi menjalankan jaga jarak untuk mencegah penumpukan penumpang. Kepadatan yang terjadi pagi ini di Stasiun Bogor, membuat sejumlah penumpang angkat bicara, seperti salah satunya Dira. Dia menyebut aturan protokol yang diterapkan di stasiun membuatnya harus lebih lama menunggu untuk bisa masuk ke dalam kereta. 

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

"Jadi tambah ribet biasanya udah naik kereta ini masih nunggu. Saya sampai di sini jam 4 kurang," kata dia seperti dikutip dari tvOne Senin 8 Juni 2020.

Tidak hanya di Stasiun Bogor, penumpukan penumpang juga terjadi di stasiun Bekasi. Kepadatan penumpang membuat petugas baik TNI Polri dan internal stasiun menjaga agar tidak terjadi penumpukan penumpang. Petugas melakukan buka tutup di pintu masuk, dan penumpang yang ada di peron harus menunggu instruksi petugas agar bisa menaiki KRL. 

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia


Di sisi lain,  penumpang KRL menilai protokol kesehatan sudah berjalan namun menunggu membuat masa PSBB transisi tidak efektif.


"Kurang ya jadi kepadatan masih ada ya," kata Anwar. 


Kepadatan penumpang juga terjadi di Stasiun Rangkasbitung. Pagi ini terlihat ada antrean penumpang yang mencapai 1km. Para penumpang bahkan saling berdorong dan saling berebut masuk ke pintu masuk dengan adanya aturan 100 orang per kereta. Para pengguna sendiri meminta agar pihak KCI dapat memecahkan masalah penumpukan penumpang di stasiun.


Untuk diketahui di PSBB masa transisi ini, jam operasional KRL dimulai pukul 04.00 hingga 21.00. Selain itu anak-anak, lansia dan ibu hamil tidak diperbolehkan menggunakan kereta di jam sibuk. Ketiga katagori penumpang tersebut hanya diperbolehkan menggunakan kereta di luar jam sibuk mulai dari pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya