CFD Minggu Ini Buka Lagi, Wajib Masker dan Hanya untuk Olahraga

Car Free Day
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meniadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) sejak 15 Maret 2020 untuk mencegah penularan virus Corona COVID-19

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Namun akan kembali diperbolehkan aktivitas CFD pada Minggu, 21 Juni 2020. Pembukaan itu setelah diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. CFD akan berlangsung di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin.

"Hari Minggu (21 Juni 2020) sudah ada HBKB," ujar Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Syafrin Liput pada Jumat, 19 Juni 2020.

Diplomasi Stadion Tiongkok, Eksploitasi Ekonomi atau Kemitraan Murni di Afrika?

Namun di tengah pandemi seperti saat ini akan ada beberapa perubahan yang terjadi. CFD dikhususkan hanya bagi masyarakat yang ingin berolah raga.

Sedangkan masyarakat yang biasanya juga ramai berjualan tidak dibolehkan. Ia mengingatkan para pedagang kaki lima dilarang berjualan di area CFD selama masa PSBB transisi. 

Lebaran Tinggal Menghitung Hari, Intip 4 Jenis Sheet Mask yang Bikin Wajah Glowing

Selain itu tidak semua masyarakat bisa berolah raga saat CFD Terutama mereka yang mempunyai gejala demam atau flu diimbau untuk tidak berolah raga. 

"Kepada warga tidak sehat, merasa demam, merasa flu, untuk tidak keluar dan melaksanakan aktivitas olahraga di HBKB," katanya. 

Masyarakat yang akan datang berolahraga di kawasan CFD juga diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan agar tetap terhindar dari COVID-19. 

"Pedagang kaki lima tidak diperbolehkan, sementara HBKB untuk berolah raga dengan menerapkan prinsip protokol kesehatan. Jadi, HBKB akan diaktivasi hari Minggu besok, tentu ini jadi uji coba di masa transisi dan kita akan lakukan evaluasi," ucapnya. 

Sementara saat berolahraga, warga disarankan untuk tidak menggunakan masker. Namun masyarakat harus tetap membawa masker saat berada di area CFD. Penggunaan masker saat CFD pun tetap bisa disiasati jika memang penggunaan masker sedikit mengganggu aktivitas olahraga yang dilakukan.

"Masker itu harus digunakan, dia bagaimana penggunaannya. Kalau dia napasnya agak terganggu kan bisa dibuka sedikit terus dipakai lagi. Pokoknya masker wajib dibawa," kata Ketua Satpol PP DKI, Arifin.

Pedagang yang biasanya juga ramai berjualan tidak diperbolehkan. Para pedagang kaki lima dilarang berjualan di area CFD selama masa PSBB transisi. 


Baca juga: Imam Nahrawi Sebut Taufik Hidayat Terima Uang Rp7,8 Miliar
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya