John Kei Marah pada Nus Kei Diduga karena Uang Tanah RS Ambon

Kelompok John Kei saat diamankan polisi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Motif penyerangan kelompok John Kei di Perumahan Green Lake, Cluster Australia, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten pada Minggu siang, 21 Juni 2020 dilatarbelakangi oleh permasalahan pribadi antara John Kei dan Nus Kei yang diketahui masih kerbat. John Kei merasa tidak puas dengan pembagian uang hasil penjualan tanah. Diduga hal ini terkait sengketa tanah Rumah Sakit Umum Daerah Ambon.

Misteri Hilangnya Dusun Legetang di Kawasan Dieng, Ratusan Jiwa Terkubur Hidup-hidup

"Kemungkinan ya (terkait sengketa tanah RSUD Ambon). Jadi sebenarnya kita enggak mendalami yang objek awalnya ya tapi itu merupakan latar belakang sehingga si JK merasa dikhianati," ucap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat di Markss Polda Metro Jaya, Senin 22 Juni 2020.

Memang kuat dugaan asal-muasal penyerangan ini dari sengketa itu. John Kei disebut merasa kecewa akan pembagian uang. Namun Tubagus tidak merinci besaran pembagian jumlah uang yang akhirnya jadi pemicu keributan ini.

KPK Sita 10 Bidang Tanah Milik Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba, Salah Satunya Dibangun Hotel

"Mungkin terkait di Kota Ambon tapi latar belakangnya adalah motiviasinya dia melakukan itu karena dia merasa dikhianati, dikhianati dalam hal apa? Urusan tanah itu. Apa itunya? Nah itunya tidak tahu. Kita masih belum dalami cuma artian kenapa sih dia melakukan itu dia merasa dikhianati oleh temannya ini atau saudaranya ini. Lho kenapa merasa dikhianati? Banyak hal pak ini, ini, ini, adalah berawal dari masalah tanahnya. Bagaimana tanahnya? Masih kita dalami, cuma objek penyidikan kita kan tindakan kekerasannya," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, polisi melakukan penggerebekan terhadap kelompok John Kei di perumahan Taman Titian Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu malam, 21 Juni 2020. Sebanyak 25 orang diamankan. Penggerebekan ini terkait aksi penyerangan di Green Lake City, Kota Tangerang dan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

AHY Bertemu Sri Mulyani, Ini yang Dibahas

Baca juga: John Kei Bebas Bersyarat Kini Ditangkap Lagi, PK Bapas Turun Tangan

Logo Mahkamah Agung.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Perusahaan pengolahan hasil laut dengan orientasi ekspor, PT Bumi Menara Internusa (BMI) mengajukan PK atas gugatan sengketa lahan pabrik di Malang ke Mahkamah Agung

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024