Khidmatnya Upacara HUT RI ke-74 di Kali Ciliwung Depok

Upacara HUT RI ke-74 di Sungai Ciliwung, Depok, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVAnews/ Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Berbagai kegiatan untuk memperingati HUT RI ke-74 berlangsung serentak di berbagai daerah, termasuk di Depok, Jawa Barat. Sejumlah warga memiliki cara unik tersendiri dalam menghormati hari bersejarah tersebut, Sabtu 17 Agustus 2019. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Komunitas Ciliwung Depok atau yang biasa disebut KCD.

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

Berbeda dengan kebanyakan upacara yang berlangsung di lapangan terbuka, komunitas ini memilih Kali Ciliwung yang berada tepat di bawah Jembatan Grand Depok Citu (GDC) sebagai tempat untuk prosesi pengibaran merah putih. Layaknya upacara di lapangan terbuka, mekanisme upacara di tengah aliran air yang sedang surut itu juga sama.

Namun yang membedakannya adalah para peserta yang hadir tidak mengenakan pakaian formil. Uniknya lagi, pasukan pengibar bendera atau Paskibra, bergerak menggunakan perahu karet untuk menuju tiang bendera yang terbuat dari susunan bambu berwarna merah putih.

Indonesia Dilanda Gelombang Panas? Begini Penjelasan BMKG

Adapun peserta yang hadir terdiri dari perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok, relawan pegiat sungai, pecinta alam, pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat umum.

Mereka mengikuti rangkaian upacara, mulai dari pengibaran bendera, pembacaan teks proklamasi, UUD 45, Pancasila hingga mengheningkan cipta untuk menghormati jasa para pahlawan. Kegiatan berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Aparat Gabungan TNI-Polri Rebut Wilayah Homeyo Intan Jaya Papua dari OPM

Ketua KCD Taufik mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk lebih peka terhadap lingkungan, utamanya Daerah Aliran Sungai atau DAS di Kali Ciliwung.

“Nilai perjuangan tidak hanya berkobar dalam diri bangsa Indonesia saat merebut kemerdekaan, membebaskan Ciliwung dari kerusakan juga menjadi nilai perjuangan,” katanya.

Taufik mengungkapkan, sebagai komunitas yang peduli terhadap lingkungan, terutama aliran Kali Ciliwung, harus memiliki beragam kreativitas agar masyarakat mau dan ikut serta mengurangi tingkat pencemaran, atau kerusakan kali tersebut.

“KCD mempunyai visi mengajak masyarakat kampung di sepanjang alirannya untuk menjaga dan merawat Ciliwung. Karena kami menemukan beberapa fakta kerusakan lingkungan DAS Ciliwung,” kata Taufik usai upacara HUT RI ke-74 tersebut. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya