RTRW DKI 2010-2030

Bogor Imbangi Tata Kota DKI Jakarta

VIVAnews – Kota Bogor, merupakan salah satu kota di daerah Jawa Barat. Kota ini berfungsi sebagai daerah penyangga Ibukota Jakarta. Dan wilayah ini selalu kena dampak perkembangan di Jakarta. Itu sebabnya, rupa-rupa cara dilakukan Pemerintah Kota Bogor untuk mengimbangi pesatnya pembangunan ibukota, terutama untuk menyesuaikan rencana perubahan tata ruang dan wilayah DKI.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Ada empat skala prioritas pembangunan untuk mengimbangi perkembangan di Jakarta yang selalu bersinggungan dengan dengan Kota Bogor. Skala prioritas yang diprogramkan Pemerintah Kota Bogor, yakni transportasi, kebersihan, penertiban pedagang kaki lima (PKL), dan pengentasan kemiskinan.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Bogor  M Azrin menjelaskan untuk sektor transportasi, pemerintah daerah menggenjot pembangunan dan perbaikan jalan. Misalnya penyelesaian Bogor Outer Ring Road (BORR) II, pembenahan Jalan Sholeh Iskandar, pembangunan Jalan R3 dan Inner Ring Road, meningkatkan penerapan shift angkot, pengoperasian angkutan berbahan bakar gas (BBG) serta pengkajian konversi angkot ke angkutan massal.

Sedangkan untuk sektor kebersihan, pemerintah melakukan peningkatan layanan angkutan sampah masyarakat, mengelola sampah skala lingkungan, mengoptimalkan pemanfaatan TPA Galuga, membangun tempat pengolahan dan pemprosesan akhir sampah (TPPAS) Kayumanis serta membangun taman kota di sejumlah titik.

Selain itu, Azrin mengatakan pemerintah setahap demi setahap melakukan penataan lokasi untuk PKL.

“Tahun ini pemkot telah menertibkan PKL di beberapa lokasi, termasuk di wilayah jalur hijau dan trotoar,” ujarnya.

Pemerintah Kota Bogor yakin program-program yang dilakukan ini akan bersesuaian dengan rancangan tata ruang dan wilayah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 2010-2030.

Di mana dalam rancangan yang sekarang ini sedang digodok itu, juga mencakup kesiapan infrastruktur daerah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur.

Laporan | Ayatullah Humaeni | Bogor

Putusan MK Bersifat Final, Prof Niam: Kontestasi Telah Usai, Saatnya Bersatu
Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Qualcomm Snapdragon X Plus diciptakan untuk berperforma di laptop-laptop dengan dukungan kecanggihan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024