JK Minta Mensos Bantu Anies Cari Tempat Penampungan Pencari Suaka

Pencari Suaka UNHCR di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta Menteri sosial Agus Gumiwang Kartasasmita membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencarikan tempat penampungan bagi para pencari suaka asal timur tengah, yang saat ini terlunta-lunta di ibu kota.

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

"Saya sudah bicara dengan Anies kemarin. Kemudian saya minta Menteri Sosial untuk mencari fasilitas soal tempat yang lebih manusiawi, lebih baik. Kemudian kerja sama dengan UNHCR, nanti kita akan carikan solusinya," kata JK di kantor Wapres, Jakarta, Rabu 4 September 2019.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar memahami para pencari suaka dari Timur Tengah di Jakarta ini mengalami banyak kesulitan dan harus beradaptasi dengan cuaca ibu kota. 

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

"Mereka itu umumnya berasal di daerah dingin. Belum tentu kuat tinggal di daerah panas. Afghanistan, Iran, dari mana lagi. Pemerintah akan cari solusi yang baik 1-2 hari ini," ujarnya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, menyampaikan pemerintah pusat saat ini sedang mencari lokasi baru untuk menampung para pencari suaka di eks-Kodim Kalideres, Jakarta Barat. Menurut Anies, pemerintah pusat saat ini siap turun tangan setelah DKI membantu penampungan sejak Juli lalu.

RKP 2025 Sudah Disusun dengan Prioritaskan Program Prabowo-GIbran, Ini Rinciannya 

"Tadi pagi saya koordinasi dengan pemerintah pusat, mereka juga sedang mencari tempat baru (untuk para pencari suaka)," ujar Anies di Blok G Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa, 3 September 2019.

Anies menyampaikan, pemerintah pusat merupakan institusi yang tepat untuk menangani para pencari suaka yang bukan warga negara Indonesia (WNI). Pemprov DKI sekadar memenuhi kebutuhan dasar para pencari suaka.

Dia menyebut Pemprov DKI tak mungkin membiarkan mereka kelaparan atau tak terlindungi saat sempat terlunta-lunta di trotoar ibu kota. "Dari sisi kami (DKI), yang bisa kita lakukan adalah dari aspek kemanusiaan," kata Anies.

Anies juga mengemukakan, DKI akan tetap membantu relokasi para pencari suaka saat pemerintah pusat telah menentukan tempat baru untuk menampung mereka. 

Ia menegaskan, Pemprov DKI berada dalam kapasitas mendukung pemerintah pusat dalam menyelesaikan persoalan pencari suaka yang ada di wilayah ibu kota.

"Mereka (pemerintah pusat) sedang mencari solusi tempat. Kalau sudah ada, kita kebut (relokasi para pencari suaka)," ujar Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya