Anies Akan Bangun Rak Baca di Stasiun MRT Hingga Pasar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVAnews / Fikri Halim

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berusaha meningkatkan daya baca masyarakat Indonesia, khususnya warga DKI. Untuk itu saat ini Pemprov DKI tengah mendorong pengadaan perpustakaan atau rak baca di tempat umum agar warga Jakarta memiliki keinginan membaca buku.

Kenaikan BI Rate Bisa Jadi Peluang Bagi Investor, Ini Alasannya

"Satu, di sekolah. Kedua adalah di ruang-ruang seperti stasiun kemudian arena-arena umum, itu akan kita bangun lebih banyak perpustakaan, tempat-tempat penjualan buku. Yang ketiga pasar buku, pasar buku ingin dikembangkan lebih jauh," kata Anies di Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) 2019 di Jakarta Convention Center, Rabu 4 September 2019

Selain sekolah, salah satu lokasi yang juga disasar Anies untuk meletakkan rak baca buku adalah stasiun MRT. Diharapkan pengguna MRT memulai kebiasaan untuk membaca buku dalam perjalanannya.

Jennie BLACKPINK Donasi Rp1 Miliar untuk Pembangunan Sekolah di Korea

"Sesegara mungkin lagi dalam proses, jadi saya minta di semua stasiun MRT disiapkan tempat perpustakaan, bukan perpustakaan besar ya, tapi rak-rak buku di mana penumpang bisa mengambil buku untuk baca. Lalu bisa dibaca sepanjang stasiun nanti bisa dikembalikan di stasiun tempat dia akan turun. Iya, harus tahun ini (dibangun)," katanya.

Tak hanya di MRT, Anies juga berjanji akan mendirikan perpustakaan dan rak bacaan di pasar-pasar di bawah naungan PD Pasar Jaya. Karena pasar juga menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi warga dan dinilai tepat untuk diletakkan perpustakaan.

40 SMA dan SMK di 11 Kota Diberi Edukasi Kewirausahaan, Kini Jadi Jago Bisnis

"Karena Pasar Jaya yang mengetahui di mana saja tempat demand itu, nanti baru ditumbuhkan. Jadi kalau kemudian di satu tempat itu jumlah transaksinya rendah, bukan berarti berhenti, justru malah harus diteruskan di tempat-tempat yang lebih dekat dengan kebutuhan. 

Anies berharap, dari upaya tersebut, daya baca warga Indonesia, khususnya DKI dapat meningkat. "Jumlah pasar kita ada lebih dari 130. Harusnya di semua tempat kita bangun tempat untuk buku," ujarnya.
 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas

Menteri PANRB Soal Sekolah Kedinasan: Jangan Percaya Ada Calo dan Bullying

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan persetujuan formasi pada delapan instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alok

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024