Lagi, Polisi Bongkar Penipuan Berkedok Biro Perjalanan Umrah di Depok

Tersangka penipuan umrah murah, Direktur PT Damtour, Hambali Abbas.
Sumber :

VIVA – Polisi kembali membongkar kasus penipuan berkedok biro perjalanan ibadah haji dan umrah di Depok, Jawa Barat. Tak tanggung-tanggung, pelaku berhasil memperdaya sekira 200 korban dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp4 miliar.

Dua Opsi Pemerintah untuk Jemaah Batal Umrah

Kapolresta Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah, mengatakan pelakunya adalah Hambali Abbas, Direktur PT Damtour. Para korbannya tidak hanya berasal dari Depok, namun juga dari sejumlah daerah lainnya.

"Dugaan sementara korban sekitar 200 jemaah dari 15 daerah yaitu Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Padang, Palembang, Indramayu, Kuningan, Kebumen, Ciamis, Brebes, Surabaya, Lampung dan Madura, dengan kerugian senilai Rp4 miliar," kata Azis, Senin 16 September 2019.

Arab Saudi Setop Umrah Bikin Agen Travel Babak Belur

Pelaku diringkus di tempat persembunyiannya di kawasan Jalan Proklamasi, Kecamatan Sukmajaya, Depok, pada Minggu malam, 15 September 2019. Menurut Azis, modus pelaku pun tak jauh berbeda dengan kasus-kasus sebelumnya, yakni menawarkan perjalanan ibadah ke Tanah Suci dengan harga murah.

"Promo dengan kisaran harga antara Rp11 juta-Rp25 juta. Setelah uang ditransfer ternyata korban tidak diberangkatkan hingga tahun 2018 dan diketahui pada Februari 2018 tersangka melarikan diri dan menutup kantornya," ujarnya.

Satgas Umrah Kemenag Hentikan Operasional Tiga Travel Tak Berizin

Kantor PT Damtour berlokasi di Jalan Tole Iskandar, Depok. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 tentang penipuan. Kasusnya dalam penyelidikan lebih lanjut Polresta Depok. (ase)

Taqy Malik

Klarifikasi Travel Taqy Malik Soal Ditagih Uang Calon Jemaah 1,2M

Taqy Malik diduga menggelapkan dana umrah milik calon jemaah di Taqy Chan Travel. Pihak agen travel pun angkat bicara.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2021