24.200 Aparat Gabungan Amankan Pelantikan Anggota DPR, DPD dan MPR

Ilustrasi pengamanan di Gedung MPR/DPR.
Sumber :
  • Viva.co.id/Moh Nadlir

VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyebut belasan ribu aparat Polri mengawal jalannya pelantikan anggota MPR, DPR, DPD RI periode 2019-2024.

Benih Oligarki di Parlemen

Ada pula bantuan dari anggota TNI sebanyak 7.800 orang guna membantu mengawalnya. Pelantikan diketahui dilakukan di ruang Rapat Paripurna gedung Nusantara I kompleks DPR RI.

"Sekitar 16.400 Polri dan TNI 7.800 (personel). Pengamanan objek DPR, Istana, sentra-sentra ekonomi dan objek-objek vital di Jakarta," kata Dedi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 1 Oktober 2019. 

Siapa Berani Jadi Oposisi?

Pola pengamanan terbagi jadi tiga lapis atau tiga ring. Di mana ring pertama di area tempat pelantikan anggota DPR baru, ring kedua di seluruh gedung DPR, kemudian ring ketiga di halaman parkir.

"Sedangkan di jalan-jalan anggota lantas dan Sabhara melaksanakan pengamanan, penegakan terukur, dan patroli," ujar dia lagi.

Video Analisis 'Perang Dingin' Megawati-Surya Paloh

Sebelumnya diberitakan, hari ini digelar pelantikan 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat terpilih. Selain anggota DPR, ada juga 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih yang juga akan diambil sumpahnya.

Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama pejabat Komisi Pemilihan Umum (KPU) hadir dalam acara pelantikan ini.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar dalam agenda pelantikan

Junjung Tinggi Reformasi Birokrasi, Sekretariat Jenderal DPR RI Lantik Dua Pejabat Tinggi Madya

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar melantik 2 (dua) Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2023