SPBU Cipayung Terbakar, Ada Drum dan Pompa dalam Mobil

Mobil terbakar di SPBU Cipayung
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – Sejumlah drum dan peralatan pompa ditemukan di dalam mobil Daihatsu Grand Max yang ditinggal pengemudinya, setelah insiden kebakaran yang menimpa SPBU 3413805 di Jalan Pagelarang, Cipayung, Jakarta Timur.

SPBU MT Haryono Ditutup Sementara, Pertamina Beri Alternatif

Polisi masih mencari pengemudi mobil, untuk mengetahui isi muatan di dalam lima drum tersebut. Diduga kuat, drum dalam mobil itulah yang memuat bahan yang dapat memicu api.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina Marketing Operation Region III, Dewi Sri Utami menyampaikan, berdasarkan rekaman CCTV, api diduga berasal dari dalam mobil, karena terlihat kilatan letupan yang disertai api. Hal ini, saat operator SPBU belum selesai mengisikan BBM ke dalam tangki kendaraan.

Dalam Tiga Bulan, Serapan Produk UMKM di Pertamina Capai Rp3,5 Miliar

"Kemudian, api muncul dari bagian depan kendaraan dan pengemudi terlihat langsung keluar dari mobil, lalu melarikan diri," kata Dewi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 12 Oktober 2019.

Sementara itu, sejumlah petugas keamanan SPBU saat kejadian, berupaya memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR) dan alat pemadam api beroda.

X-Trail Baru Dijual Rp370 Jutaan, dan Perusahaan Amerika Mau Investasi

Namun, api tidak kunjung padam. Bahkan, semakin membesar ke bagian belakang mobil hingga akhirnya menyambar dispenser dan bangunan SPBU. Api mulai padam 30 menit kemudian, dengan bantuan dari Dinas Pemadam Kebakaran.

Dewi mengimbau, masyarakat untuk turut menjaga keamanan dan keselamatan saat mengisi BBM, dengan mematikan mesin kendaraan saat pengisian. Pastikan juga nozzle SPBU, telah tercabut saat selesai pengisian dan sebelum menghidupkan kendaraan tangki BBM sudah tertutup rapat.

"Selain itu, memastikan tangki BBM kendaraan merupakan standar pabrikan dan tidak ada modifikasi atau tangki tambahan di dalam mobil," ujarnya.

Diketahui, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun, kebakaran mengakibatkan SPBU tidak beroperasi. Sehingga, Pertamina menyarankan warga untuk sementara mengisi BBM di SPBU terdekat, yakni di SPBU 3413803, Jalan Raya Ceger atau SPBU 3417410, Jalan Hankam Kranggan, Bekasi.

SPBU itu berjarak sekitar 4-6 Km dari SPBU di Jalan Pagelaran Cipayung tersebut. Pertamina memastikan stok BBM dipastikan aman dan tetap dalam pemantauan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya