Polantas Polda Metro Kini Pakai Body Camera, Ini Fungsinya

Body camera, kamera portabel yang dipasang pada saku baju.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Anggota polisi lalu lintas (polantas) kini dilengkapi dengan kamera berteknologi tinggi saat bertugas di lapangan. Kamera tersebut bernama 'Body camera'.

Polantas Tertabrak Motor Saat Atur Lalu Lintas di Cililitan

Kamera portabel tersebut dapat dipasang di saku baju anggota polisi yang bertugas di lapangan. Penggunaan 'Body camera' untuk mengawasi anggota kepolisian saat bertugas.

"(Tujuannya) untuk melihat kegiatan dan tindakan anggota di lapangan dalam pengawasan," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi M Nasir saat dikonfirmasi, Senin, 14 Oktober 2019.

Polantas yang Minta Sekarung Bawang ke Sopir Truk Ditahan

Nasir mengatakan, 'Body camera' dapat menindak para pelanggar lalu lintas secara elektronik. Dia menyebutkan, 'Body camera' dapat merekam video serta suara secara langsung selama delapan jam.

Kamera tersebut dikendalikan langsung di ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya. "Body camera juga untuk menindak pelanggar lantas secara elektronik. Alat itu dapat diarahkan ke sasaran dari back office (ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya)," ujarnya.

Catat, Ini Hotline Aduan Polisi Lalu Lintas yang ‘Nakal’ di Jalan

Lebih jauh, Nasir menambahkan, jika kamera tersebut dapat digunakan untuk meminta tambahan personel untuk mengatur arus lalu lintas.

"Body camera juga dapat untuk meminta bantuan personel dalam tugas yang memerlukan penambahan personel," kata Nasir.

Polisi menindak konvoi mobil mewah di Tol Andara

Catatan Untuk Rombongan Mobil yang Diamankan Polisi di Tol Andara

Catatan untuk pemilik mobil mewah yang diduga berhenti di Jalan Tol Andara, Minggu 23 Januari 2022 hingga diamankan polisi. Wajib tahu aturan di Jalan TOL

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2022