Anies Minta DPRD Kebut Pembahasan APBD

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.
Sumber :
  • Fajar GM

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengingatkan DPRD DKI untuk mengebut pembahasan rancangan APBD DKI 2020. Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, Kementerian Dalam Negeri telah menetapkan tenggat penyelesaian RAPBD DKI 2020 adalah 30 November 2019.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

"Pembahasan yang mendesak, sebelum tanggal 30 November 2019, RAPBD 2020 harus sudah selesai," ujar Anies di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2019.

Anies menyampaikan, pimpinan DPRD DKI yang baru saja dilantik harus memprioritaskan penyelesaian RAPBD dulu. RAPBD menjadi dasar supaya APBD yang akan menjadi anggaran DKI membangun Jakarta di 2020 bisa digunakan.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

"Semoga setelah kelengkapan dewan sudah ada, kita bisa tuntaskan pembahasan itu," ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, pembahasan RAPBD biasanya sudah dimulai dari Agustus. Namun, baru ditetapkannya pimpinan DPRD DKI pada Oktober membuat pembahasannya benar-benar harus dipercepat.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

"Biasanya pembahasannya itu sudah dimulai dari Agustus," ujar Anies.

Sebelumnya diberitakan, lima pimpinan DPRD DKI periode 2019-2024 resmi dilantik di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Pelantikan dilakukan setelah komposisi yang diajukan kepada Kementerian Dalam Negeri pada 3 Oktober 2019 disetujui.

"Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan surat bernomor 161.31/5344 yang tertanggal 8 Oktober 2019, tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD DKI Jakarta," ujar Ketua DPRD DKI sementara Pantas Nainggolan.

Adapun kelima pimpinan adalah Prasetio Edi Marsudi sebagai ketua, kemudian wakil-wakilnya, yaitu M Taufik, Abdurrahman Suhaimi, Misan Samsuri, dan Zita Anjani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya