Jalan Sekitar DPR Ditutup Antisipasi Demo, Begini Pengalihannya

Penutupan jalan antisipasi demo di DPR.
Sumber :
  • Foe Peace Simbolon/VIVAnews.

VIVA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup sejumlah ruas jalan di kawasan sekitar Gedung DPR/MPR, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu 16 Oktober 2019 malam. Jalan ditutup dengan barier batu. 

3.598 Aparat Disiagakan Kawal Demo Tolak Perppu Ciptaker di DPR Hari Ini

Penutupan dilakukan guna mengantisipasi adanya rencana unjuk rasa oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) wilayah Jabodetabek dan Banten Kamis 17 Oktober 2019 siang.

"Antisipasi unras," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir, saat dikonfirmasi, Rabu 16 Oktober 2019.

VIVA RePlay 2022: Tragedi Ade Armando Dikeroyok Hingga Babak Belur

Beberapa ruas jalan di sekitar Gedung DPR/MPR yang ditutup adalah Jalan Gatot Soebroto (Gatsu) depan flyover Ladokgi. Kemudian Jalan Gatsu Pojokan Manggala Wanabakti yang ke arah Stasiun Palmerah maupun arah Slipi. Lalu, Jalan Veteran tepat di lampu merah Palmerah ke Jalan Lapangan Tembak.

"Penutupannya sampai kapan itu situasional melihat kondisi di lapangan," kata dia.

RKUHP Disahkan Besok, Aliansi Nasional Ancam Kepung Gedung DPR

Nasir menambahkan, belum ada rencana penutupan jalan di kawasan Istana Merdeka. Padahal massa mahasiswa rencananya mau demo di depan Istana Merdeka, bukan di depan DPR/MPR. 

Dia berharap, dengan adanya penutupan di depan DPR, pengendara bisa maklum. Mereka diimbau mengikuti rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan agar tidak terjebak macet.

"Belum ada (rencana penutupan jalan depan istana)," kata dia lagi.

Berikut pengalihan arus lalu lintas yang telah diterapkan pihak kepolisian:

1. Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi ditutup di bawah flyover Ladokgi diarahkan belok kiri ke Gerbang Pemuda.

2. Jalan Gerbang pemuda yang arah ke kiri ke Jalan Gatot Subroto ditutup diputar balik ke Gerbang Pemuda di kolong Ladokgi atau lurus ke Jalan Gatot Subroto arah Timur atau ke Bendungan Hilir.

3. Jalan Gerbang Pemuda arah ke Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke ke Jalan Asia Afrika terus Jalan Senayan dan Jalan Pakubuwono.

4. Jalan Asia Afrika ke barat bisa lurus ke Jalan Tentara Pelajar atau ke arah Jalan Gerbang Pemuda putar balik di bawah Ladokgi.

5. Jalan Tentara Pelajar dari arah Manggala Wanabakti di lampu merah Palmerah diluruskan ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama dan belok kiri ditutup.

6. Jalan Tentara Pelajar Pojok Manggala Wanabakti ditutup Jalan Gatot Subroto  ditutup untuk mencegah lawan arus dan putar balik kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya