Terungkap Anggaran Bibit Pohon DKI Capai Rp30 Miliar

Ilustrasi Bunga bougenville.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – DPRD DKI menilai Dinas Kehutanan (Dishut) DKI mubazir mengajukan usulan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk pengadaan bibit pohon di APBD DKI 2020. Menurut Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Nova Harivan Paloh, Komisi D, menolak ajuan itu.

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

"Karena itu mubazir, anggaran Rp30 miliar buat beli bibit pohon di Jakarta," ujar Nova di DPRD DKI, Rabu, 6 November 2019.

Nova menyampaikan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), juga memiliki program pembagian bibit gratis untuk masyarakat. DKI dinilai lebih tepat bekerjasama dengan KLHK daripada menganggarkan sendiri pembelian pohon.

Saksi Sebut Uang Rp 3 Juta Perhari untuk Rumah Dinas SYL: Pesan GrabFood Hingga Biaya Laundry

"Di Kementerian LHK itu sekarang dengan satu KTP bisa dapat 25 pohon. Kita mau bagi bibit pohon ke mana lagi?," ujar Nova.

Nova juga mengemukakan, Dishut DKI, memiliki rencana membagikan bibit pohon ke sekolah-sekolah di ibu kota. Namun, DPRD tetap menolak karena ada anggaran serupa yang belum terpakai di APBD DKI 2019.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

"Dishut bilang ada jenis-jenis (bibit pohon) tertentu, untuk hiasan dan segala macam. Kami cek di (APBD) 2019, ternyata anggaran masih banyak di sana,” ujar Nova.

VIVAnews masih mencoba melakukan konfirmasi ke Kadis Kehutanan DKI Suzi Marsitawati terkait ajuan ini.
 

Ilustrasi renovasi rumah

5 Cara Jitu Renovasi Rumah Tanpa Bikin Dompet Kering

Ketika bicara tentang renovasi rumah, hal utama yang ada di pikiran adalah soal budget besar. Namun pada kenyataannya ada hal yang dapat memangkas anggaranrenovasi rumah.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024