Rusun Pasar Rumput Hampir Rampung, Tak Ada Lahan Parkir untuk Penghuni

Pembangunan Rusunawa Pasar Rumput
Sumber :
  • ANTARA Foto/Aprilio Akbar

VIVA – Rumah susun (rusun) Pasar Rumput di Setiabudi, Jakarta Selatan tidak menyediakan lokasi parkir mobil dan sepeda motor untuk para penghuninya nanti.

MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres 2024, Begini Respons Pelaku Pasar Keuangan

Menurut Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya Arief Nasrudin, hal itu karena rusun yang berkapasitas 1.984 unit hunian, serta hampir rampung itu, memiliki ketersambungan langsung dengan beberapa moda transportasi di Ibu Kota.

"Kita tidak menyiapkan parkir. Jadi memang tidak boleh ada parkir di sana," ujar Arief di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Senin, 25 November 2019.

Rupiah Menguat Pagi Ini Hasil Rilis Neraca Dagang RI Bisa Tahan Pelemahan

Arief menyampaikan, lokasi parkir sepeda motor dan mobil, hanya disediakan seadanya, untuk keperluan sementara, serta bukan untuk digunakan menyimpan kendaraan milik penghuni. Untuk bepergian, penghuni bisa menggunakan halte TransJakarta Pasar Rumput yang terhubung langsung, atau pengumpan ke Moda Raya Terpadu (MRT).

"Transportasi (dari rusun Pasar Rumput) engage (terhubung) langsung dengan TransJakarta, dengan MRT. Jadi dari rusun itu, transportasinya harus ramah lingkungan, pakai transportasi publik," ujar Arief.

10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Arief mengemukakan, rusun Pasar Rumput merupakan hunian bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Jakarta. Rusun yang direncanakan memiliki tarif sewa bulanan Rp800 ribu hingga Rp1,3 juta itu akan diresmikan Presiden Joko Widodo, juga Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dalam waktu dekat. "Pak presiden sendiri yang akan meresmikan (Rusun Pasar Rumput) sama pak gubernur, karena ini program bersama," ujar Arief.

Ilustrasi produk UMKM.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

UKM yang melakukan ekspor produknya ke Kanada tersebar dari Bali hingga Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024