Hepatitis Menyebar, Pemkot Depok Tanggung Biaya Berobat Korban

Ilustrasi penelitian virus Hepatitis
Sumber :
  • www.pixabay.com/Prylaler

VIVA – Pemerintah Kota Depok menanggung seluruh biaya pengobatan untuk mereka yang terjangkit virus hepatitis A di kota itu. Kasus yang telah mewabah di SMP Negeri 20 Depok ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) karena menyebar hingga ke wilayah lain di Depok.

Kasus DBD Meningkat Drastis, DPR Ingatkan Pemerintah Kerahkan Semua Sumber Daya

Kepala Dinkes Kota Depok dr Novarita mengungkapkan, sesuai ketentuan yang berlaku, jika telah ditetapkan sebagai KLB, semua biaya pengobatan ditanggung oleh pemerintah.

“Tapi hanya untuk yang dirawat di kelas tiga di RSUD Depok. Intinya, harus ada rekomendasi dari pihak sekolah atau ada kaitannya, maka itu kami tanggapi, seperti anggota keluarganya atau temannya, yang penting ada datanya akan kita cover,” katanya.

Pemerintah Tebar Insentif Kendaraan Listrik hingga 10 Persen, Intip Simulasinya

Novarita mengatakan, dana yang disiapkan berasal dari anggaran bantuan tidak terencana yang bersumber pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Status KLB diberlakukan sejak 20 November hingga 20 Januari 2019. Dinas telah menyebar surat keterangan kewaspasdaan dini kepada seluruh camat, lurah, puskesmas, rumah sakit, dan instansi lain agar segera melaporkan apabila menemukan gejala-gejala yang menunjukkan hepatitis A, seperti pusing, mual, demam serta kulit dan mata kekuningan.

Kasus Polio Kembali Ditemukan, Ini Pemicunya

Dinas menerima laporan adanya ratusan murid yang terjangkit hepatitis A di SMPN itu. Berdasarkan hasil pemeriksaan sampel terhadap 70 orang, sebanyak 51 di antaranya positif terjangkit hepatitis A.

Dinas sempat menyebut kondisi itu masuk dalam KLB parsial karena hanya terjadi di satu wilayah, yakni SMPN 20. Namun karena terus menyebar, akhirnya meningkat menjadi KLB. Tetapi Dinas belum mengumumkan wilayah mana saja yang terdampak virus itu.

 Asprov PSSI Sumut saat menggelar jumpa pers

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

Kongres Luar Biasa (KLB) Asprov PSSI Sumut akan digelar usai perhelatan PON 2024 Aceh-Sumut. Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Sinulingga diminta fokus pada tim sepakbola

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024