Dibantu Peserta, DKI Tuntas Bersihkan 29,5 Ton Sampah Reuni Aksi 212

Panggung Reuni Akbar 212, 2019
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA – Pemprov DKI membersihkan sampah hingga jumlah 29,5 ton dari acara Reuni 212 di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Andono Warih, sampah didominasi botol minuman juga bungkus kemasan makanan peserta.

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

"Total timbunan sampah 80 meter kubik atau 29,5 ton," ujar Andono saat dihubungi pada Senin, 2 Desember 2019.

Andono menyampaikan, para petugas yang jumlahnya 425 personel mengumpulkan sampah-sampah dari tong yang sebelumnya telah disediakan supaya peserta tertib membuang sampah. DKI juga mengerahkan sarana pendukung seperti delapan unit road sweeper, dua unit compactor hingga dua unit truk sampah anorganik.

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

"Proses pembersihan dimulai pukul 10.00 WIB. Saat massa aksi mulai meninggalkan lokasi, petugas kebersihan mulai bergerak dan pukul 13.00 WIB sudah steril (dari sampah)," ujar Andono.

Andono juga mengemukakan, para petugas terbantu pula oleh para peserta acara yang turut mengumpulkan sampah-sampah mereka. Sampah-sampah selanjutnya dipilih sebagian di bank sampah lalu dikirim sebagian besarnya ke tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Direstui Surya Paloh untuk Maju Pilkada DKI 2024, Anies Baswedan Bilang Begini

"Tidak ada kesulitan dalam penanganan sampah hari ini. Petugas juga dipermudah dengan inisiatif peserta yang mengumpulkan sampah secara mandiri," ujar Andono.
 

Gedung Dukcapil Kemendagri.

Lebih dari 92 Ribu NIK Warga DKI Bakal Dinonaktifkan Pekan Ini

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta mulai mengajukan 92 ribu lebih nomor induk kependudukan (NIK) untuk dinonaktifkan Kemendagri.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024