Ini Cara Ampuh Menangkal Ular Masuk ke Rumah

Anak ular kobra.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan/VIVAnews.

VIVA – Puluhan ular kobra ditemukan di pemukiman warga di kawasan Bojonggede, Jawa Barat akhir-akhir ini. Tak hanya di wilayah itu, ular kobra juga ditemukan di Depok.  

Ayu Ting Ting Syukuran Rumah Baru, Seberapa Mewah?

Terkait hal itu, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghalau pergerakan ular masuk ke dalam rumah. Selain menjaga lingkungan agar tetap bersih, upaya efektif lainnya yang cukup ampuh untuk menangkal ular masuk ke dalam rumah bukan dengan garam, melainkan dengan wewangian, seperti karbol, kamper atau kapur barus.

“Siram seluruh saluran air yang menuju rumah dengan karbol yang berbau tajam dan tutup semua saluran air dengan ram kawat,” kata pemerhati reptil, Arbi Krisna, Kamis, 12 Desember 2019.

Menikmati Hiburan di Rumah Hanya dengan Ketukan Jari

Ia mengungkapkan, banyaknya temuan ular kobra akhir-akhir ini bukan merupakan teror melainkan peristiwa alamiah dari proses perkembangbiakan ular. “Ini peristiwa alami, cuma kondisinya saja yang menjadikan ini berbeda,” ujarnya.

Kobra Jawa sama seperti kobra jenis lainnya yang dapat menyeburkan bisa atau racun dengan cara menyembur. “Jenis bisanya ini neurotoxin yang langsung nyerang saraf, juga bisa pula efek nekrosis (pembusukan jika tergigit). Ini bisa menyebabkan cacat permanen,” katanya.

5 Cara Jitu Renovasi Rumah Tanpa Bikin Dompet Kering

Arbi mengatakan, kobra pada umumnya sama seperti ular lainnya yang menyukai tempat lembab dan jarang aktifitas atau getaran dan penampakan orang. Namun pada ular jenis kobra Jawa bisa beradaptasi dengan wilayah ramai penduduk atau pemukiman.

Lebih lanjut, Arbi menilai, fenomena keberadaan ular di pemukiman terjadi akibat rusaknya habitat ular. Itu terjadi lantaran maraknya pembangunan yang menyebabkan tempat persembunyian hewan reptil itu semakin sedikit sehingga menyesuaikan lingkungan untuk bertahan hidup.

“Musim menetas ular tiap tahun memang begini. Nah dulu sebelum banyak pemukiman yang gusur rumah si ular, ular akan sembunyi. Tapi sekarang rumah ular bersembunyi habis sama perumahan, jadi mau tidak mau ular akan menampakan diri karena tempat sembunyi yang hilang," ujarnya.   
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya