7 Orang Tersambar Petir di Bogor Akibat Loncatan Listrik Awan CB

Ilustrasi saung tersambar petir.
Sumber :
  • VIVAnews/ Andri Mardiansyah.

VIVA – Stasiun Metereologi Kelas III Citeko, Kabupaten Bogor, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Gefisika (BMKG) menjelaskan, petir yang menyambar tujuh warga di Jasinga, Bogor, akibat loncatan listrik di dasar Awan Cumulonimbus (CB). 

Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar

Kepala Stasiun Metereologi Citeko, Kabupaten Bogor, Asep Firman Ilah mengungkapkan, saat terjadi cuaca buruk, BMKG sudah memberi peringatan di wilayah tersebut. 

"BMKG sudah mengeluarkan warning sejak 15.20 WIB akan potensi hujan lebat di wilayah Jasinga. Menurut pantauan radar cuaca tadi, pukul 14.00 WIB sudah terdeteksi pertumbuhan Awan Cumulonimbus. Sudah terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada pukul 15.30 WIB," kata kepada VIVAnews, Kamis 26 Desember 2019 malam. 

4 Kelakuan Kocak Masyarakat Dubai Saat Banjir Ada yang Main Jetski sampai Berjemur

Asep menjelaskan, awan CB yang tumbuh berupa single cell terdeteksi di daerah Cigudeg dan bertambah besar di Jasinga. Pada saat itu, fase matang (Mature) awan ini mengakibatkan fenomena hujan sedang hingga lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang.

"Kilat petir tersebut terjadi di dasar awan, akibat loncatan listrik dari awan terhadap benda pohon di tanah yang menjulang tinggi. Akibat loncatan listrik itu masyarakat yang berteduh di saung terkena induksi listrik tegangan tinggi dari petir," jelas Asep. 

Hujan Badai di Dubai: Muazin Ubah Lafadz Azan, Netizen: Merinding!

Dikhawatirkan kejadian susulan, setelah  kejadian hingga malam ini, Kepala Kepolisian Sektor Jasinga, Resor Bogor, AKP Lukito Sadoto melakukan patroli memberi himbauan kepada warga. 

"Kami himbauan agar warga berhati-hati dikarenakan sudah memasuki musim penghujan dan curah hujan tinggi disertai angin kencang mau pun petir," katanya kepada VIVAnews.

Bandara di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), tergenang banjir 17/4

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Bandara utama Uni Emirat Arab (UAE) pada hari Kamis berjuang pulih usai hujan lebat yang menyebabkan banjir bandang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024