Akibat SPBU Shell Daan Mogot Terbakar, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Kondisi SPBU Shell di kawasan Daan Mogot usai terbakar 1 Januari 2020 lalu
Sumber :
  • VIVAnews/Foe Peace Simbolon

VIVA – Akses di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat tepatnya di depan SPBU Shell dari arah Grogol menuju Cengkareng sampai Jumat 3 Januari 2020 masih ditutup. Penutupan jalan dilakukan mulai dari putaran arah sebelum Halte TransJakarta Indosiar hingga di bawah Flyover Pesing.

Terpopuler: Pertalite Berubah di Papan Harga SPBU, Bocah Tabrakkan Mobil Jualan Sales

Penutupan jalan ini bukan karena masih ada genangan banjir di Jalan Daan Mogot, tapi guna mengantisipasi adanya sisa kebocoran bahan bakar minyak di sana. Pasalnya, dua hari lalu tepat saat banjir melanda di sana yaitu Rabu 1 Januari 2020, SPBU itu terbakar.

Akses jalan di depan SPBU Shell ditutup dengan menggunakan papan besi agar tidak ada ceceran BBM yang masih menjalar. Kondisi SPBU nampak masih semrawut. Kapolsek Kebon Jeruk, Ajun Komisaris Polisi Erick Sitepu menegaskan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

“Tidak ada korban jiwa," kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 3 Januari 2020.

Hasil keterangan sejumlah saksi sementara menyebut bahwa bensin diduga tercecer setelah genangan melanda Jalan Daan Mogot termasuk pom tersebut. Diduga karena banjir, bensin banyak yang keluar. Kemudian, tersambar aliran listrik. Alhasil, kebakaran pun terjadi.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

Sementara itu, akibatnya ditutupnya jalan kendaraan dari arah Grogol menuju Cengkareng mulai dari putaran arah sebelum Halte TransJakarta harus berbagi jalur dengan kendaraan yang datang dari arah sebaliknya.
Kendaraan dari arah Grogol menuju Cengkareng diarahkan melintas di jalur Busway, sedangkan untuk arah sebaliknya melaju di jalur arteri.

"Itu bensin tercecer di air terus tersambar listrik," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU Shell di Jakarta Barat sempat mengalami kebakaran pada Rabu malam 1 Januari 2020 ini. Hal itu terlihat sebuah video yang dibagikan oleh akun @jktinfo di media sosial Instagram. Dalam video tersebut terlihat api berkobar di tengah genangan air banjir.

Kobaran api tersebut diketahui sudah padam sejak pukul 21.20 ini. Hal itu disampaikan oleh Kasie Ops Damkar wilayah Jakarta Barat Eko Sumarmo pada saat dikonfirmasi.

"Iya itu di Daan Mogot di Shell, tapi begitu kita sampai sana sudah padam sekitar pukul 21.20 WIB udah padam," kata Eko.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya