Banjir di Kawasan Cipinang Melayu Jakarta Mulai Surut

Banjir di Kawasan Cipinang Melayu sudah mulai surut.
Sumber :
  • VIVAnews/ Anwar Sadat.

VIVA - Banjir di kawasan Cipinang Melayu Jakarta Timur mulai surut. Pascabanjir ini, pemerintah kota Jakarta Timur melakukan aksi bersih-bersih di wilayah tersebut untuk membantu warga pada Sabtu 4 Januari 2020.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Aksi ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar. Dia didampingi oleh unsur pejabat lainnya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Timur, yakni Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian dan Dandim 0505/JT Letkol Machmud.

Anwar mengatakan aksi bersih-bersih ini dilakukan di RW 03 RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar dan wilayah sekitarnya juga yang terkena dampak banjir. Ada sekitar 1.000 personel yang dikerahkan untuk membantu warga melakukan aksi bersih-bersih.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

"Pada hari ini kita melaksanakan kegiatan bersih-bersih massal, ada Dandim, Kapolres juga. Pasukan ada sekitar 800an, tadi juga ada tambahan," kata Anwar di Cipinang Melayu, Sabtu 4 Januari 2020.

Menurut Anwar, aksi ini dilakukan karena daerah terdampak banjir di wilayah tersebut akibat luapan Kali Sunter cukup luas. Bahkan di salah satu wilayah ada daerah yang menyisakan lumpur setebal 40 cm, selain itu ada banyak barang milik warga yang rusak dan maish banyak sisa sampah plastik, mala dari itu petugas harus disiapkan untuk membantu membersihkan.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Jadi sempat ada kesulitan karena akses jalan Damkar susah masuk ke dalam, kondisi lumpur juga tebal, untuk itu kita semprot oleh pemadam," ujar Anwar.

Dalam kerja bakti massal ini, selain membersihkan sisa banjir, juga dilakukan penyemprotan disinfektan. Hal itu dilakukan agar warga tidak terserang penyakit yang disebabkan oleh kuman yang terbawa banjir.

"Aksi bersih-bersih difokuskan membersihkan sampah dan lumpur di lingkungan warga serta dilakukan penyemprotan karbol," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya