89 Tanggul di Bekasi Rusak Digerus Banjir

Puluhan Tanggul di Bekasi Rusak
Sumber :
  • VIVAnews/Dani

VIVA – Pemerintah Kota Bekasi mencatat sedikitnya terdapat 89 tanggul yang rusak akibat digerus banjir belum lama ini. Kini sebanyak 50 tim ahli dilibatkan untuk penggunaan tanggul sementara guna mewaspadai banjir susulan.

Kali Ulu Meluap, Ratusan Rumah di Cikarang Bekasi Terendam Banjir

“Dari 89 titik tanggul yang rusak, hanya dua tanggul mengalami kerusakan parah,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Arief Maulana, Selasa 7 Januari 2020.

Arief menambahkan, dua titik tanggul yang parah berada di Kawasan Kartini Bekasi Timur, dan Kawasan Perumahan Pondok Mitra Lestrasi, Jatiasih. “Dua tanggul ini yang menyebabkan banjir besar melanda pemukiman warga,” jelasnya.

Rumah yang Ditinggal Pemudik di Bekasi Terancam Banjir

Saat ini, dikatakan Arief, pihaknya melibatkan 50 tim ahli dari Kementerian Pekerjaan Umum. Keterlibatan mereka akan melakukan perbaikan sementara di daerah tanggul yang rusak. 

“Meski perbaikan sifatnya sementara, tapi tetap memiliki kekuatan sama dengan kedudukan tanggul permanen. Hal ini dilakukan karena sudah mendesak dengan banyaknya tanggul yang rusak,” jelas Arief.

Masih Ngungsi, Korban Banjir di Bekasi Tagih Janji Jokowi

Dia mengatakan, sekarang ini pihaknya masih menginventarisir kerusakan infrastruktur yang terkena banjir. Bahkan, koordinasi lintas wilayah pun sudah dilakukan mengingat Kali Bekasi merupakan aliran pertemuan dua sungai yang masing-masing hulunya ada di Kabupaten Bogor. 

“Ini sudah jadi skala prioritas perbaikan, sebab kalau tidak hujan biasa pun air akan keluar dengan kondisi seperti ini,” tuturnya.

Banjir di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 13 April 2024 akibat luapan Kali Bekasi

Ratusan Rumah di Bekasi Terendam Banjir, Mayoritas Ditinggal Mudik Lebaran

BNPB menyebut ratusan rumah di Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir pada Sabtu, 13 April 2024, malam, akibat luapan Kali Bekasi

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024